8 Obat Herbal Vertigo yang Sudah Terbukti Ampuh

Suku Tsimane Punya Jantung TERSEHAT di Dunia





Suku Tsimane di negara Bolivia, Amerika Selatan


Serangan jantung menjadi pembunuh nomer satu manusia-manusia modern. Gaya hidup tak sehat dianggap menjadi pemicu utama, seseorang terkena serangan jantung. 

 Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tak pandang umur, meskipun penyakit ini biasanya ada pada orang yang telah lanjut usia. Penyakit ini juga datang secara tiba-tiba tanpa adanya tanda-tanda terlebih dahulu. Semua orang memiliki resiko terkena penyakit ini, namun ada satu suku yang diklaim memiliki jantung tersehat di dunia, sehingga resiko terkena penyakit jantungnya adalah yang terendah di dunia. Suku itu adalah suku Tsimane. Menurut studi yang dipublikasikan oleh The Lancet menyebutkan bahwa orang-orang di Suku Tsimane di Bolivia dikenal memiliki pembuluh darah paling sehat di dunia sehingga jantung pun ikut sehat.

Laporan studi tersebut juga menyebutkan kalau orang-orang di Suku Tsimane memiliki tingkat penyakit jantung koroner (arteriosklerosi) yang paling rendah di dunia dibandingkan dengan Amerika Serikat. Dalam penelitian, tim peneliti mengunjungi 85 desa orang Tsimane di Bolivia dan menguji 705 orang dewasa untuk menghitung risiko penyakit jantung. Mereka memakai CT Scan untuk melihat penebalan arteri dan faktor-faktor lain seperti tekanan darah tinggi, detak jantung, inflamasi dan lain-lain.

Dari hasil CT Scan, ditemukan sebanyak 85 persen masyarakat dalam studi itu tak memiliki risiko penyakit jantung dan 13 persen berisiko rendah. Orang Tsimane pun memiliki tekanan darah, kolesterol dan gula darah lebih rendah. Lalu, apa rahasia mereka bisa memiliki jantung tersehat di dunia? Rupanya, jawabannya bukan terletak pada faktor genetik, melainkan pada gaya hidup mereka. Suku Tsimane sehari-harinya selalu melakukan gaya hidup sehat untuk menghindari penyakit.

 “Gaya hidup diet rendah lemak jenuh, konsumsi karbohidrat kaya serat yang tinggi, berbarengan dengan konsumsi ikan, tidak merokok, dan aktif sepanjang hari terbukti membantu mereka mengurangi pengerasan arteri jantung,” ungkap Profesor Hillard Kaplan, seorang ahli antropologi dari University of New Mexico, Amerika Serikat.

Aktif sepanjang hari sudah menjadi ciri kehidupan Suku Tsimane. Para pria menghabiskan waktu 6 sampai 7 jam per harinya untuk melakukan aktivitas, sementara wanita menghabiskan waktu sekitar 4 sampai 6 jam per harinya. Mereka diketahui hanya menghabiskan 10 persen waktunya untuk bersantai. Mengenai aktivitas suku Tsimane, kebanyakan waktu mereka digunakan untuk berburu binatang liar, bertani, atau memancing. Nantinya hasil buruan mereka akan mereka makan sendiri.

Mengenai makanan yang dikonsumsi Suku Tsimane, mereka biasanya memakan yang mengandung karbohidrat, dan juga makanan kaya serat seperti nasi, pisang, ubi kayu, jagung, kacang-kacangan dan buah-buahan. Konsumsi protein juga merupakan bagian dari diet mereka. Sekitar 15 persen pola makan mereka terdiri dari protein daging atau ikan. Secara keseluruhan pola makan mereka rendah lemak. Mereka pun jarang merokok. Jadi, jika di antara kamu masih suka merokok, atau jarang beraktivitas, mulai sekarang kamu bisa merubah kebiasaan kamu itu, sehingga hidup kamu bisa lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung. 

Komentar