8 Obat Herbal Vertigo yang Sudah Terbukti Ampuh

Warisan Budaya Tak Benda || WBTB



Warisan budaya benda adalah warisan budaya yang bisa diindera dengan mata dan tangan, misalnya berbagai artefak atau situs yang ada di sekitar kita. Termasuk di dalamnya tentu saja misalnya candi-candi dan arsitektur kuno lainnya, sebilah keris, gerabah/keramik, sebuah kawasan, dll.

Warisan budaya tak benda, sebaliknya, merupakan warisan budaya yang tak bisa diindera dengan mata dan tangan, namun jelas-jelas ada di sekitar kita. Bagaimana Anda akan menggolongkan musik-musik Nusantara (misalnya)? Alat musiknya jelas-jelas merupakan benda cagar budaya, barangkali. Namun bagaimana dengan komposisi bunyi-bunyiannya? Bagaimana dengan khasanah nilai yang terdapat di dalamnya? Hal ini tentu merupakan sebuah warisan budaya yang hanya bisa diindera dengan telinga dan akal budi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan telah menerima usulan Karya Budaya untuk ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia sebanyak 474.

Namun, menurut Pudentia M.P.S.S Ketua Tim Ahli WBTB Indonesia, tidak semua Karya Budaya yang diusulkan tersebut ditetapkan sebagai WBTB Indonesia. "Dalam proses penetapan ini, ada profesionalisme dan ada kode etik yang dipertahankan dari awal sampai akhir yang tidak bisa diganggu gugat," ujar Pudentia dalam jumpa pers di Kemendikbud, Jakarta, Senin, 24 Oktober 2016.


Tim Ahli WBTB berpedoman pada 15 kriteria yang digunakan sebagai acuan dalam menetapkan suatu Karya Budaya menjadi WBTB. 15 kriteria tersebut antara lain adalah :
🔷 Merupakan identitas budaya dari satu atau lebih Komunitas Budaya.
🔷 Memiliki nilai-nilai budaya yang dapat meningkatkan kesadaran akan jati diri dan persatuan bangsa.
🔷 Memiliki kekhasan/keunikan/langka dari suatu suku bangsa yang memperkuat jati diri bangsa Indonesia dan merupakan bagian dari komunitas.
🔷 Merupakan living tradition dan memory collective yang berkaitan dengan pelestarian alam, lingkungan, dan berguna bagi manusia dan kehidupan.
🔷 WBTB yang memberikan dampak sosial ekonomi, dan budaya (multiplier effect).
🔷 Mendesak untuk dilestarikan (unsur/karya budaya dan pelaku) karena peristwa alam. Bencana alam, krisis sosial, krisis politik. dan krisis ekonomi.
🔷 Menjadi sarana untuk pembangunan yang berkelanjutan dan menjadi penjamin untuk sustainable development.
🔷 Keberadaannya terancam punah.
🔷 WBTB diprioritaskan di wilayah perbatasan dengan negara lain.
🔷 Rentan terhadap klaim WBTB oleh negara lain. 🔷 Sudah diwariskan dari lebih dari satu generasi.
🔷 Dimiliki seluas komunitas tertentu.
🔷 Tidak bertentangan dengan HAM dan konvensi-konvensi yang ada di dunia dan juga peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia.
🔷 Mendukung keberagaman budaya dan lingkungan alam.
🔷 Berkaitan dengan konteks.

Berbanggalah kalian yang tinggal di Daerah Jawa Barat, Karena :

Seni Mamaos dari Kabupaten Cianjur
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menyatakan sebanyak 13 karya seni dan budaya dari Jawa Barat menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Kami telah berhasil mendorong 13 karya seni dan budaya ditetapkan sebagai WBTB yakni enam karya di 2013 dan empat karya di 2014," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Wahyu Iskandar, Selasa (3/11).

Adapun seni dan budaya yang berhasil ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda tersebut diantara Upacara adat Ngarot dari Kabupaten Indramayu, Sintren Kabupaten Cirebon serta seni Mamaos dari Kabupaten Cianjur.

Upacara adat Ngarot dari kab. Indramayu
 Menurut dia, butuh proses dan tahapan panjang untuk pengakuan warisan budaya tak benda nasional yakni usulannya harus datang dari komunitas atau para pengiat seni dan budaya. Setelah itu, usulan tersebut kemudian diakomodasi oleh pemerintah kabupaten/kota yang selanjutnya diteruskan ke provinsi.

"Kami mengajak kabupaten/kota memperkuat sinergitas dengan provinsi agar usulan ini dapat terfasilitasi untuk mendapatkan WBTB," katanya.

Ia mengatakan, seni dan budaya ini harus mampu memenuhi beragam syarat sejak dari tahapan pendaftaran, kajian akademis dan pendokumentasian.

"Kalau seluruh syarat telah dipenuhi, pihaknya akan mendorong seni dan budaya tersebut kepada pemerintah pusat. Penetapan dilakukan melalui skema sidang penetapan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata dia.


Sintren Kabupaten Cirebon

Data dan dokumen itu, lanjut dia, harus lengkap sebagai modal kuat di persidangan penetapan untuk menjadi warisan budaya tak benda nasional.

Lebih lanjut ia menuturkan selain Jawa Barat, pemerintah pusat pada tahun ini juga telah menetapkan sebanyak 121 warisan budaya tak benda dari provinsi lain seperti Yogyakarta dan Bali.

Komentar