Inilah Gejala Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules

Khasiat dibalik Biji Bunga Matahari

Siapa yang tak kenal dengan makanan kesukaan 'Hamtaro' ini, serial kartun hamster jepang tahun 2000-an yang sangat menyukai Kuaci. Tak disangka, Manfaat Kuaci bagi kesehatan itu sangat baik lho guys!

 

Biji bunga matahari atau lebih kita kenal dengan kuaci sangat kaya akan gizi dan nutrisi yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Kuaci ini sebagai sumber vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, sehingga bisa mengurangi resiko kolesterol.


Selain itu, Anti-inflamasi pada kandungan kuaci ini mengurangi resiko utnuk penyakit asma dan mengurangi penyakit yang berkaitan dengan peradangan. Kandaungan kuaci juga terdiri atas folat yang membantu pembentukkan DNA dan RNA. Serat pangan pada biji bunga matahari dapat membantu proses pencernaan dan selenium berguna memperbaiki DNA dan mencegah resiko timbulnya sel-sel kanker.

Manfaat lain dari Biji Bunga Matahari :

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Vitamin E dalam biji bunga matahari juga memiliki peran penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam partikel kolesterol yang dapat membantu mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol. Kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, atau stroke.

Vitamin E secara signifikan dapat mengurangi risiko mengembangkan atherosclerosis. Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mendapatkan vitamin E dalam jumlah yang cukup berada pada risiko yang lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki asupan vitamin E yang tidak memadai.

manfaat biji bunga matahari  
2. Menurunkan kolesterol

Kandungan pitosterol dalam biji bunga matahari dapat membantu menurunkan kolesterol serta dapat meningkatkan respon dan penurunan risiko kekebalan kanker tertentu.

Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar jumlah pitosterol hadir dalam kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji wijen memiliki kandungan fitosterol antara 400-413 mg per 100 gram, kenari antar 113 mg / 100grams, biji bunga matahari  memiliki kandungan pitosterol antar 270-289 mg / 100 g, dan biji  labu antara 265 mg / 100 g.


3. Dapat menenangkan saraf, otot, dan pembuluh darah

Kandungan magnesium dalam biji bunga matahari memiliki peran untuk mengimbangi kalsium, sehingga sangat membantu dalam mengatur saraf dan otot. Magnesium dapat membuat saraf seperti pembuluh darah dan otot bekerja normal. Asupan magnesium yang cukup dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, kejang otot (termasuk kejang otot jantung atau kejang saluran udara akibat gejala asma), migrain, kram otot (seperti ketegangan, nyeri dan kelelahan).


4. Mengurangi depresi

Kandungan Niacin dan pyridoxine dalam biji bunga matahari selain mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga mampu meningkatkan aktivitas GABA (Gamma-aminobutyric Acid) dalam otak, yang pada gilirannya akan membantu mengurangi kecemasan dan neurosis.


5. Menjaga kesehatan tulang

 Kandungan magnesium dalam biji bunga matahari juga diperlukan untuk kesehatan tulang dan produksi energi. Sekitar 2/3 dari magnesium dalam tubuh manusia ditemukan dalam tulang kita. Beberapa diantaranya membantu memberikan struktur fisik tulang, dan sisanya dapat ditemukan dan disimpan pada permukaan tulang untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan tubuh.



Komentar