Inilah Gejala Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules

9 Cara Mengatasi Penyakit Hati (Liver) Secara Alami Dan Ampuh | aladinsehat.com

nengaladin - 9 Cara Mengatasi Penyakit Hati (Liver) Secara Alami Dan Ampuh - Hati adalah satu organ yang bekerja paling keras didalam hati. hati memiliki bentuk menyerupai bola dan terletak dibawah tulang rusuk disisi kanan perut. Hati memiliki 2 bagian, yaitu : lobus kiri dan lobus kanan. Hati sangat berperan dalam proses pencernaan makanan, dengan tujuan untuk menjaga tubuh dan menyingkirkan dari berbagai zat beracun yang terbawa oleh makanan. Hati juga berfungsi sebagai penyimpan energi bagi tubuh untuk digunakan bila diperlukan.



Penyakit hati atau penyakit liver adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktorr yang dapat merusak hati, salah satunya adanya virus/bakteri yang masuk dalam tubuh dan bisa disebabkan karena adanya pengaruh dari minuman beralkohol. Seiring berjalannya waktu jika hati mengalami kerusakan dan tidak ditangani dengan serius maka akan mengakibatkan luka pada jaringan (sirosis), yang dapat menyebabkan gagal hati. hal tersebut akan bisa mengancam jiwa penderita.

Penyebab
Ada banyak faktor yang menyebabkan terserangnya penyakit hati (liver), berikut beberapa diantaranya :
     - Kelainan sistem kekebalan tubuh
Jika tubuh tidak memiliki sistem kekebalan tubuh, maka akan sangat mudah dalam terserang berbagai penyakit. salah satunya penyakit hati. Contoh penyakit autoimmune hepatitis.
     - Infeksi
Virus yang masuk dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan dan mengurangi fungsi hati. Virus menyebar melalui darah atau urine, makanan-minuman yang terkontaminasi atau bersentuhan dengan penderita. Contoh yang paling sering terjangkit penyakit hati akibat infeksi adalah hepatitis.
     - Sering mengkonsumsi makanan yang tidak matang
Makanan yang tidak matanang (mentah) bisa saja menyebabkan seseorang terserang penyakit ini. makanan yang tidak matang bisa mengandung bakteri yang berbahaya dan jika terus menurus dikonsumsi tubuh maka akan menyebabkan gangguan pada kesehatan, salah satunya penyakit hati (liver). Makanan yang tidak matang biasanya sering kita jumpai pada beberapa restoran korea atau jepang.
     - Genetik
Mereka yang memiliki sel abnormal tidak akan menutup kemungkinan sel tersebut akan menurun pada keturunannya dan menyebabkan kerusakan hati. Contoh penyakit hati yang disebabkan oleh faktor genetik adalah hemochromatosis.
     - Minuman beralkohol
Alkohol memang telah terbukti dapat mengakibatkan seseorang yang meminumnya mengalami kehilangan kesadaran dan jika terus menerus dikonsunsumsi makan akan memicu datangnya berbagai penyakit. Seperti liver, ginjal, tuberkulosis bahkan dapat mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.

Gejala

  1. Adanya memar tanpa sebab
  2. Pembengkakan limpa
  3. Mual
  4. Hilangnya nafsu makan
  5. Lelah berlebihan
  6. Sakit perut dalam waktu cukup lama
  7. Kulit dan mata berwarna kuning
  8. Perubahan warna urine
  9. Timbulnya gatal pada kulit
  10. Nyeri sendi
  11. Linglung

Apakah penyakit hati bisa menular ?
Banyak penyebab terserangnya penyakit hati (liver), salah satunya karena adanya infeksi liver dan ada yang non infeksi. Menurut para peneliti infeksi liver dapat menular, infeksi bisa terjadi karena adanya virus, bakteri, jamur dan parasit yang ada pada tubuh. Sedangkan non infeksi tidak akan menular dan biasanya disebabkan karena lingkungan/air yang kotor, makanan-minuman dan mal nutrisi.

Cara mencegah terserangnya penyakit hati (liver) secara alami
  • Temulawak
Temulawak dipercaya dapat mengatasi penyakit liver secara ampuh. kandungan yang terdapat pada temulawak berfungsi dalam memperkuat sel-sel liver dan menjaga daya tahan tubuh.
  • Daun Sambiloto
Dibalik rasanya yang sangat pahit, sambiloto mengandung zat andrographolid didalamnya yang berfungsi sebagai penghancur inti sel tumor dan dapat menjaga kemampuan daya tahan tubuh.
  • Membatasi cairan sodium
Cairan sodium merupakan cairan yang mampu meningkatkan resintesis serta pembengkakan jika dikonsumsi secara berlebihan. Seseorang yang sedang terserang penyakit liver dan mengkonsumsi cairan sodium akan pemperparah kondisinya. Cairan sodium biasanya banyak ditemukan pada makanan kaleng, daging olahan, keju dan makanana-makanan tertentu.
  • Kunyit
Siapa yang tidak mengenal kunyit, yang sering digunakan dalam berbagai masakan dan sering dijadikan sebagai pewarna alami dalam makanan ini. Namun apakah kalian mengetahui bahwa ternyata kunyit memiliki khasiat dalam mengatasi penyakit hati ? Ya,  kandungan antivirus yang dimiliki kunyit mampu menghentikan dan juga menghilangkan infeksi dengan mempengaruhi membran dari virus itu sendiri.
  • Wortel
Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga memiliki senyawa yang mampu membantu tubuh dalam merangsang serta meningkatkan fungsi liver secara total.
  • Bawang Putih
Siapa yang tidak mengenal bawang putih ? Tentu semua orang mengetahuinya, selain memberi rasa pada makanan ternyata bawang putih juga memiliki banyak khasiat yang terkandung didalamnya untuk kesehatan. Kandungan allicin dan senyawa selenium dipercaya dapat mengatasi beberapa penyakit seperti dapat mengatasi penyakit tipes, mengatasi jerawat, mencegah pembekuan darah dan dapat membersihkan hati dari segala virus dan bakteri yang dapat memicu penykait pada hati/liver.
  • Sayuran Hijau
Sayuran hijau mengandung klorofil yang sangat tinggi dimana kandungan tersebut sangat di butuhkan oleh tubuh, sayuran hijau juga mampu menetralisir logam berat, peptisisda dan bahan kimia yang ada pada tubuh. Sayuran hijau dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus.
  • Jeruk Bali
Jeruk bali mengandung kadar antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga mampu mencegah penyakit liver dan mampu membersihkan hati secara lami.
  • Teh hijau
Selain dapat mengatasi dalam menurunkan berat badan, kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh hijau juga dipercaya dapat mencegah adanya gangguan pada hati/liver.


Komentar