Waspada Penularan Virus Cacar Monyet, Kenali Gejala dan Pencegahannya Agar Tidak Tertular

Cara Mengatasi Luka Bakar Secara Alami dan Ampuh


Luka bakar adalah terjadinya kerusakan pada permukaan kulit yang disebabkan oleh panas, listrik, zat kimia, gesekan atau radiasi. Luka bakar digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu :
  • Luka bakar superfisial atau derajat I, dimana luka bakar jenis ini hanya terjadi dipermukaan kulit luar saja.
  • Luka bakar sebagian lapisan atau derajat II, dimana luka bakar menembus hingga beberapa lapisan permukaan bawah kulit.
  • Derajat III, dimana luka bakar ini mengenai seluruh lapisan kulit baik luar maupun dalam.
  • Derajat IV, dimana  luka bakar melibatkan cedera ke jaringan yang lebih dalam, seperti otot atau tulang.
Penangan yang diperlukan dalam luka bakar pun berbeda-beda, sesuai dengan tingkat luka bakarnya sendiri. Jika luka bakar terjadi akibat hal kecil maka kalian hanya perlu menjaganya agar selalu tetap bersih dan jika luka bakar terdapat lentingan cairan, sebisa mungkin jangan memecahkannya ditakutkan akan terjadi infeksi bahkan memperparah kondisi luka tersebut. Sedangkan jika luka bakar dirasa cukup parah, kalian bisa membawanya pada dokter untuk penanganan lebih lanjut. Luka bakar yang besar biasanya diakibatkan karena terjadinya kecelakaan dalam menggunakan zat kimia ataupun saat terjadinya kebakaran rumah.
Cara mengatasi luka bakar secara alami dan ampuh
1. Air dingin
Air dingin bisa menjadi pertolongan pertama dalam mengatasi luka bakar, air dingin akan memberikan sensasi dingin akibat luka bakar dan mencegah luka bakar menjadi lebih parah lagi.
Cara :
- Segera menuju kealiran air terdekat(semakin cepat maka semakin baik)
- Letakan area yang terluka pada aliran air sekitar 10-20 menit

2. Putih telur
Selain sebagai masker alami dalam kecantikan, putih telur juga dapat dijadikan sebagai obat dalam mengatasi luka bakar.
Cara :
-Ambil 1 butir telur ayam, lalu pisahkan antara putih telur dengan kuningnya
- Kemudian oleskan putih telur pada area luka bakar
- Tunggu hingga rasa sakit pada luka bakar menghilang.

3. Baking soda

Baking soda juga dipercaya dalam mengatasi luka bakar. Dengan menggunakan baking soda akan bermanfaat dalam mengembalikan pH kulit, menghilangkan rasa sakit akibat luka bakar.
Cara :
- Ambil baking soda secukupnya dan campurkan dengan air hingga menjadi pasta
- Oleskan pasta baking soda pada luka bakar dan biarkan hingga mengering

4. Cuka putih
Cuka putih mengandung zat antiseptik, asam asetat, komponen aspirin yang dapat membantu meringankan rasa sakit, gatal dan radang pada luka bakar. Cuka juga mampu menarik panas pada luka bakar, membantu untuk mengurangi nyeri secara alami.
Cara :
- Gunakan cuka putih untuk membersihkan area luka bakar
- Tempelkan kain bersih ataupun perban pada area luka yang sudah dibasahi dengan cuka putih
- Ganti perban setiap 3 jam sekali

5. Madu murni
Madu murni memiliki khasiat dalam mempercepat waktu penyembuhan bagi luka bakar tingkat I dan II. Madu mengandung antibiotik alami yang secara efektif mensterilkan luka dan membantu penyembuhan luka bakar.
Cara :
- Oleskan madu murni dengan lembut pada area luka
- Diamkan hingga madu mengering
- Lakukan hal yang sama min sehari 5x

6. Kentang
Mengatasi luka bakar dengan kentang memang belum terlalu dikenal oleh banyak orang, namun faktanya sifat anti-iritasi yang dimiliki kentang dapat mengatasi luka bakar dengan sangat efektif.
Cara :
- Potong kentang menjadi 2 bagian
- Lalu usapkan kentang pada area luka secara perlahan (pastikan kentang mengeluarkan sarinya)

7. Minyak zaitun
Minyak zaitun sudah dikenal sejak zaman dahulu, mereka percaya bahwa minyak zaitun dapat dijadikan sebagai salah satu pengobatan ataupun sebagai perawatan kecantikan secara alami. Minyak zaitun memiliki vitamin dan kaya akan asam lemak esensial, oleh karena itu hingga saat ini minyak zaitun masih digunakan sebagai alternatif alami dalam berbagai pengobatan ataupun prodak kecantikan dan biasa dikenal dengan minyak seribu khasiat. Salah satunya dapat berkhasiat dalam mempercepat penyembuhan pada luka bakar.
Cara :
- Oleskan minyak zaitun ekstra virgin secara langsung pada kulit yang mengalami luka bakar
- Lakukan hal yang sama dalam sehari atau sampai rasa sakit menghilang

8. Kulit pisang
Pisang kaya akan kandungan lutein yang merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh luka bakar, selain itu pisang juga mampu menyembuhkan kulit yang terbakar serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.
Cara :
- Letakan kulit pisang disrea yang terbakar dan usapkan secara perlahan
- Biarkan kulit pisang sampai berwarna hitam
- Lakukan hal yang sama secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan.

9. Bawang merah
Siapa yang tidak mengenal bawang merah, pasti semua orang mengenalnya. Bawang merah menjadi salah satu bumbu dapur yang wajib ada dalam beberapa masakan, namun selain sebagai bumbu dapur bawang merah juga dipercaya akan khasiatnya dalam mengatasi beberapa penyakit.Salah satunya dalam mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat luka bakar dan menghindari terjadinya pelepuhan pada kulit.
Cara :
- Ambil beberapa siung bawang merah yang sudah dicuci bersih lalu iris tipis
- Letakan irisan bawang pada area kulit yang terbakar untuk membantu menghilangkan kemerahan dan mengatsi nyeri.

10. Minyak lavender
Seorang ahli kimia asal Perancis menemukan kekuatan penyembuhan dari minyak lavender pada awal 1900-an ketika secara tidak ia membuat tangannya mengalami luka bakar cukup parah dalam sebuah kecelakaan laboratorium. Saat dalam kesakitan dan kepanikan ia secara spontan memasukan tanganya kedalam tabung yang berisikan minyak esensial lavender dan tidak butuh waktu lama rasa sakit akibat luka bakar pun hilang seketika.
Cara :
-Oleskan minyak esensial lavender secar langsung pada area luka bakar
- Lakukan hal yang sama jika rasa sakit dirasa masih ada atau sampai luka membaik

Rekomendasi herbal dalam mengatasi luka bakar secara alami. ampuh dan cepat
Propolis Brazil
Rp 125.000/ Botol
(harga belum termasuk Qngkir)
PROPOLIS BRAZIL merupakan produk herbal yang mengguncang dunia herbal karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Propolis brazil juga dikenal akan buktinya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari ringan sampai kronis.
Propolis brazil diproses menggunakan nano teknologi, dimana dengan menggunakan nano teknologi akan menjadikan Propolis brazil semakin berkhasiat. Salah satunya Propolis brazil dapat menetralisir racun yang ada pada tubuh.

Cara pemesanan Propolis Brazil

Cara pemesanan propolis brazil sangatlah mudah, kalian hanya perlu mengirimkan pesan Via whatsapp atau pun Via SMS, dengan format berikut :



Komentar