6 Penyebab Nyeri Ulu Hati yang Sering Terjadi

Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Sakit Maag Secara Alami dan Cepat | nengaladin.com


Sakit maag atau dikenal dengan indigestion adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi.
Sakit maag juga biasa disebut dengan dispepsia. Sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti adanya luka pada lambung, terjadinya infeksi akaibat adanya bakteri.
Sakit maag termasuk penyakit umum di Indonesia. namun sekitar 86,4 % orang Indonesia banyak yang terkena dispepsia fungsional, dimana artinya sakit maag tapi tidak diketahui penyebabnya.
Penyebab sakit maag secara umum, diantaranya :

  • Terjadinya luka pada lambung
  • Adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri helicobacter pylori
  • Terlalu banyak makan
  • Obesitas
  • Sering mengkonsumsi makanan pedas
  • Merokok
  • Terlalu banyak makan coklat
  • Terlalu banyak berpikir (stres)
  • Adanya efek samping dari obat-obatan tertentu

Selain disebabkan oleh ha-hal diatas, sakit maag juga bisa diakibatkan karena adanya komplikasi pada penyakit yang penderita miliki sebelumnya. Seperti terjadinya penyumbatan usus, batu empedu, sampai kanker usus.

Berikut gejala sakit maag yang umum dialami oleh beberapa orang :
Setiap penyakit pasti memiliki gejala awal, baik disadari maupun tidak disadari. salah satunya sakit maag, berikut beberapa gejala sakit maag yang umum terjadi :

  • Kembung pada perut bagian atas
  • Sering sendawa
  • Panas pada bagian atas perut
  • Muntah
  • Cepat merasa kenyang
  • Nyeri pada ulu hati
  • Nyeri pada tengah-tengah dada, punggung bahkan leher

Setiap orang pasti memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda, begitu pula dengan gejala yang akan ditimbulkan ketika orang tersebut mengalami masalah pada kesehatanya.

Cara mengatasi sakit maag secara alami dan cepat
1. Temulawak
Temulawak memang sudah terbukti akan khasiat, baik di Indonesia maupun dimanca negara. Temulawak memiliki beberapa kandungan yang dapat mengatasi sakit maag, seperti acnevulgaris, minyak atsiri dan kurkumin. Caranya pun cukup mudah kita hanya perlu perlu memotong beberapa ruas temulawak, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih, tunggu hingga menyisakan air sebanyak 1 gelas lalu angkat. Minum air rebusan dalam keadaan sudah dingin dan lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.
2. Daun salam
Selain sebagai bumbu dapur, daun salam juga dipercaya akan khasiatnya dalam mengatasi beberapa penyakit seperti penyakit diabetes dan mengatasi penyakit maag. Saat asam lambung naik perut akan terasa perih dan pedih, saat itulah tubuh memerlukan obat untuk mengatasinya. Dengan daun salam salah satunya, daun salam mampu menormalkan kembali asam lambung dalam tubuh. Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan 20 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih lalu rebus dengan 3 gelas air, jika diperlukan kalian bisa mencampurkannya dengan beberapa gula batu. Tunggu hingga air mendidih dan menyisakan 1 gelas air saja, minum air rebusan hingga lambung kembali normal (sembuh).
3. Daun keji beling
Daun keji beling memanglah tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan daun/tanaman herba lainnya, namun daun keji mampu menjadi obat yang ampuh saat sakit maag datang. Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan 3 lembar daun keji beling yang sudah dicuci bersih kemudian rebus daun keji beling hingga setengah matang dan kalian bisa memakannya secara langsung sebagai lalapan.
4. Lidah buaya
Selain terkenal akan bentuk sebagai ciri khasnya, lidah buaya juga terkenal akan berbagai khasiatnya. Lidah buaya mengandung senyawa aktif seperti antrakuinom dan lektin yang dapat dijadikan sebagai obat saat maag datang. Caranya kita hanya perlu memisahkan antara kulit dengan dagingnya saja, kemudian blender daging lidah buaya hingga halus. Untuk mengilangkan rasa pahitnya, kalian bisa mencampurkannya dengan sedikit madu murni dan minum jus lidah buaya 1x sehari.
5. Daun jambu biji
Selain dipercaya dapat mengatasi diare, ternyata jambu biji juga dapat menghilangkan sakit maag saat datang. Daun jambu biji mengandung beberapa zat seperti polifenil, alkaloid senyawa antimutagenik dan antioksidan yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan juga kecantikan. Cara yang tepat dalam mengatasi sakit maag adalah dengan menggunakan daun jambu biji, membuatnya pun cukup mudah kita hanya perlu merebus beberapa lembar daun jambu biji dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 2 gelas air saja, kemudian minum air rebusan saat perut sudah terisi dengan makanan untuk menghindari rasa perih pada lambung. minum air rebusan secara rutin samapai sakit maag hilang (sembuh).
6. Biji pepaya
Mengatasi sakit maag dengan menggunakan biji pepaya memang belum terlalu dikenal, namun tahukan kalian jika selain bisa mengatasi sakit maag ternyata biji pepaya juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu menjemur biji pepaya hingga mengering, lalu tumbuk atau blander biji pepaya hingga halus (jika perlu lakukan penyaringan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan). Setelah halus kalian bisa menyeduhnya dengan menggunakan air panas dan minum secara teratur hingga sakit maag menghilang.
7. Biji pala
Biji pala merupakan salah satu rempah-rempah yang ada berasal dari Indonesia dan biasa digunakan dalam beberapa masakan daerah. Namun apakah kalian percaya bahwa biji pala dapat mengatasi berbagai macam penyakit ? Ya, biji pala dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya mengatasi sakit maag saat datang. Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan 2 buah biji pala dan tumbuk hingga menjadi serbuk, kemudian campurkan dengan 1 buah bisang yang sudah dihaluskan dan seduh kedua bahan tersebut dengan menggunakan air hangat. Minum campran tersebut secara rutin untuk hasil yang optimal.


Rekomendasi Herbal Dalam Mengatsi Sakit Maag Secara Alami Tanpa Efek Samping Berbahaya
QnC Jelly Gamat
QnC Jelly Gamat rekomendasi dari kami. Mengapa kami merekomendasikan QnC Jelly Gamat ? Karna QnC Jelly Gamat merupakan produk unggulan kami yang terbuat dari 100% Ekstrak Gamat Emas dengan kualitas dan bersifat multikhasiat. san telah memiliki legalitas dari BPOM RI dengan No reg. POM TR 153384131 dan telah memiliki sertifikat Halal dari MUI sehingga sangan AMAN untuk dikonsumsi dan yang terpenting tidak menimbulkan efek samping apapun yang membahayakan tubuh.
Selain banyak kandungan yang sangat diperlukan oleh tubuh QnC Jelly Gamat juga memiliki banyak khasiat dan bisa dikatakan sebagai obat multikhasiat, salah satunya dapat mengatasi sakit maag.

Untuk kalian yang berminat, kalian bisa mengirim pesan via SMS atau via Whatsapp dengan format dibwah ini :
Sekian tips dari kami mengenai cara mengatasi sakit maag secara alami dan cepat, mudah-mudahan bermanfaat.
See You Next Time

Komentar