Waspada Penularan Virus Cacar Monyet, Kenali Gejala dan Pencegahannya Agar Tidak Tertular

Tips Menaikkan Berat Badan Ideal Secara Alami dan Sehat

nengaladin - Tips Menaikkan Berat Badan Ideal Secara Alami dan Sehat - Setiap orang pasti ingin memiliki berat badan yang ideal. Berat badan ideal adalah bobot optimal dari tubuh untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Rentang dari berat badan ideal seseorang dapat diperhitungkan berdasarkan berbagai macam faktor, di antaranya: ras, jenis kelamin, usia, serta tinggi badan. 


    Faktor-faktor yang dikaitkan dengan kekurangan bobot tubuh antara lain asupan gizi yang tidak seimbang dan tidak sehat, penggunaan narkoba, konsumsi alkohol secara kontinu, merokok, dan masalah kesehatan mental seperti anoreksia atau bulimia. Publik seperti terabaikan oleh masalah kekurangan berat badan karena terlalu terfokus pada obesitas. Memiliki tubuh sangat gemuk memang sangat berbahaya, namun mereka tidak sadar bahwa terlalu kurus pun sama berbahaya juga.

Ada beberapa hal yang bisa dialami oleh orang yang bertubuh terlalu kurus :

1.Patah tulang

    Lemak bisa diibaratkan sebagai bahan bakar dalam pembentukan esterogen, hormon seks perempuan yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Makin sedikit lemak tubuh, makin sedikit esterogen yang dihasilkan sehingga tulang menjadi rapuh karena massanya sedikit.

2. Depresi

    Pada pria, terlalu kurus maupun terlalu gemuk sama-sama meningkatkan risiko depresi dan keinginan bunuh diri sebesar 12 persen, menurut penelitian di American Journal Of Epidemiology, terlalu kurus dan terlalu gemuk mengurangi produksi serotonin yakni hormon untuk menghadirkan perasaan senang.

3. Sakit paru-paru

    Penyakit paru-paru kronis seperti asma, bronkitis dan pneumonia lebih banyak menyerang perempuan lanjut usia yang berat badannya di bawah rata-rata. Terlalu kurus menyebabkan tubuh perempuan kekurangan adipokin, sejenis sel yang diproduksi di lemak untuk membantu daya tahan tubuh.

4. Arthritis dan gangguan jantung

    Penelitian di Mayo Clinic menunjukkan, perempuan yang terlalu kurus 3 kali lebih rentan serangan jantung di usia 42 tahun ke atas, lemak yang terlalu sedikit di persendian memicu arthritis atau radang sendi, yang merupakan faktor risiko atheroschlerosis atau penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

5. Keguguran

    Menurut penelitian di London School of Hygiene & Tropical Medicine, perempuan yang terlalu kurus memiliki risiko keguguran 72 persen lebih besar pada trimester pertama. Terlalu kurus juga menyebabkan perempuan lebih rentan mengalami morning sickness, yakni mual muntah saat hamil muda.

    Setelah kita mengetahui beberapa hal yang dapat dialami oleh orang yang bertubuh kurang ideal (terlalu kurus) disini kami akan membagikan beberapa tips jitu untuk menaikkan berat badan secara sehat dan alami :

1. Pilih makanan sehat yang kaya dengan nutrisi

    Cara terbaik untuk mendapatkan badan lebih berisi adalah bukan dengan mengonsumsi sebanyak mungkin makanan yang berlemak dan berkadar gula tinggi, melainkan memilih makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang yang tepat.  Konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit.

2. Makan lebih sering

    Orang dengan berat badan kurang sering cenderung merasa cepat kenyang. Daripada makan dua hingga tiga kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan 5-6 kali sehari dalam porsi yang lebih kecil namun sering.

3. Mengonsumsi jus atau smoothies

    Anda disarankan meminum kalori pada waktu makan, terutama saat Anda tidak berselera mengonsumsi camilan apa pun. Smoothies adalah minuman berbahan dasar buah dan kacang yang dicampur susu atau yoghurt serta bahan-bahan lain yang disatukan dan diblender. Hindari minuman bersoda, kopi, serta minuman ringan lain yang tidak mengandung nutrisi.

4. Banyak minum air putih (30 menit sesudah makan)

    Perbanyaklah minum air putih 30 menit sesudah makan, hal ini akan membuat tubuh lebih mudah menyerap kalori dari makanan yang kita konsumsi.

5. Berhenti merokok

    Jika kamu seorang perokok, segeralah berhenti merokok. Menurut penelitian, merokok dapat menyebabkan meningkatnya tingkat metabolisme yang tidak baik, hal ini yang pada akhirnya membuat kita sulit untuk gemuk.

6. Membiasakan diri untuk berolahraga

    Olahraga yang melatih kekuatan dapat meningkatkan berat badan dengan cara membentuk otot Anda. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk membangkitkan nafsu makan Anda. Aerobik, angkat beban, bersepeda statis, berenang, dan berlari adalah olahraga yang bisa dicoba.

Komentar