Kenali Gejala-gejala Kanker Nasofaring yang Diderita Ustad Arifin Ilham

Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Anak Secara Alami dan Penyebabnya

Penyakit tidak hanya datang pada orang dewasa. anak-anak nyatanya juga bisa bahkan rentan terhadap serangan penyakit. Salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak adalah perut kembung. Sebagia orang tua kita pasti akan sangat sangat khawatir bukan ? Namun tenang saja, ada beberapa tips alami dalam mengatasi perut kembung pada anak.

Perut kembung atau dalam medis disebut dengan flatulensi adalah kondisi dimana adanya peningkatan gas dalam  tubuh (khususnya pada saluran pencernaan). Perut kembung pada anak sering terjadi pada anak-anak yang yang terlalu aktif bermain sampai lupa makan. Maka tidak jarang orang tua cenderung membiarkan anak-anak mereka makan sambil bermain, berjalan-jalan dan berlarian dalam ruangan, dimana  hal ini akan menyebabkan anak mengunyah makanan dengan cepat. Selain itu hal ini juga mampu membuat perut anak kembung karena terlalu banyak menelan udara.

Saat anak mengalami perut kembung, orang tua sebaiknya tidak mengabaikannya begitu saja, sebaiknya orang tua cari tahu penyebab yang mengakibatkan perut anak menjadi kembung.

Penyebab perut kembung pada anak
Saat anak mengalami perut kembung biasanya tidaklah datang dengan alami atau sendirinya. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sang anak mengalami perut kembung, seperti : 
  • Terlalu banyak menelan udara saat bermain
  • Mengunyah makanan dengan cepat
  • Mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna oleh usus
  • Adanya penyakit tertentu pada anak
Apakah perut kembung pada anak berbahaya ?

Seperti yang kita ketahui, saat perut mengalami kembung maka tubuh pun akan menjadi tidak nyaman dalam beraktivitas. Orang tua pun disarankan untuk tidak mengabaikan saat anak mengalami perut kembung, karna bisa saja akan berakibat parah atau berakibat pada hal yang tidak diinginkan.

Sebaiknya saat anak mengalami perut kembung, maka orang tua harus mengingat apa saja yang dilakukan oleh anak ataupun makanan apa saja yang sang anak makan selama beberapa jam kebelakang. Karena bisa jadi anak memakan makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi dan dan tidak dapat dicerna atau diserap oleh usus (sistem pencernaan). Ketika makanan tersebut mencapai usus besar baru bisa dicerna oleh bakteri dan akhirnya mengahasilkan gas.

Tips mengatasi perut kembung pada anak secara alami
Ada beberapa tips alami yang orang tua bisa lakukan dirumah saat anak mengalami perut kembung. Berikut diantarnya :

1. Labu
Tips pertama dalam mengatasi perut kembung pada anak adalah dengan menggunakan labu. labu memiliki kandungan vitamin A, serat dan kalium yang tinggi. Dimana kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan pencernaan, terlebih saat anak mengalami perut kembung.

2. Bawang merah
Sudah bukan rahasia lagi jika bawang merah mampu mengatasi perut kembung pada anak. Hal ini karena bawang merah memiliki kandungan aktif yang mampu menghangatkan tubuh, dengan mengoleskan campuran bawang merah dan minyak pada area perut, sudah mampu menghangatkan perut anak. Dengan begitu gas yang ada pada perut anak akan keluar dengan sendirinya.

3. Jahe
Sama halnya dengan bawang merah, jahe juga memiliki kandungan gingerol yang berfungsi sebagai salah satu cara dalam menjaga sistem pencernaan anak. Orang tua hanya perlu memberikan air rebusan jahe pada anak secara teratur atau sampai perut anak kembali normal. 

4. Yogurt
Yogurt adalah salah satu makanan/minuman yang dihasilkan dari hasil permentasi. Kandungan yang ada pada yogurt juga berkhasiat dalam mengatasi perut kembung pada anak. Hal ini karena yogurt mengandung lactobacillus yang mampu menambah daya bakteri baik dalam perut, yang selanjutnya meningkatkan penyerapam nutrisi dalam usus perut.

5. Berikan pijatan
Tips selanjutnya yang orang tua bisa lakukan adalah dengan memberikan anak sedikit pijatan pada area perut, punggung dan dada. Dengan sedikit pijatan akan bermanfaat untuk memicu adanya sendawa.

6. Jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki sifat asam yang sangat tinggi, dimana kandungan tersebut mampu mengatasi perut kembung dengan ampuh. Caranya pun sangat mudah kita hanya perlu mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan minyak kayu putih dan balurkan pada perut anak secara merata.

7. Temulawak
Sama halnya dengan yang lain, temulawak juga memiliki senyawa aktif dimana salah satu senyawa tersebut mampu mengatasi perut kembung pada anak. Dengan meminum air rebusan dari temulawak akan membuat perut kembali normal.

8. Minyak telon atau Minyak kayu putih
Kedua minyak tersebut sama-sama memilki kandungan yang mampu mengatasi sakit pada area perut, salah satunya saat perut kembung. Orang tua hanya perlu mengoleskan minyak tersebut secara merata pada area perut dengan dibarengi sedikit pijitan.

9. Minum air putih
Tips terakhir yang orang tua bisa lakukan saat anak mengalami perut kembung adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Seperti yang kita ketahui, bahwa air putih memiliki senyawa mineral yang baik untuk kesehatan. Salah satunya sebagai asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain hal-hal diatas, anak yang sering mengalami perut kembung adalah anak yang tidak memiliki nafsu makan yang tinggi. Sehingga hal tersebut akan menambah kekhawatiran orang tua.

Rekomendasi herbal dalam mengatasi perut kembung pada anak secara alami 
 Hexabumin
Hexabumin merupakan salah satu produk herbal yang berkhasiat sebagai nutrisi dan suplemen yang sangat baik untuk anak. Hexabumin sangat cocok sekali dalam menjaga kesehatan anak, kecerdasan otak anak dan sebagai sisitem kekebalan tubuh anak.

Hexabumin juga diproses menggunakan teknologi modern, yakni teknologi nano. Apa itu teknologi nano ? Terknologi nano adalah suatu proses dimana komposisi untuk dijadikan bahan herbal menjadi berukuran nano. Dengan ukurannya yang nano, maka akan menjadikan obat herbal akan cepat sekali merangsang tubuh dan berjalan dengan baik.

Komposisi Hexabumin

  • Madu murni
Madu murni mengandung antibiotik alamiah, yang berfungsi dalam menagkal radikal bebas, virus mapun bakteri yang ada didalam tubuh. Madu murni juga memiliki banyak kandungan laiannya, seperti karbohidrat, gula, serat, vitamin B6, sodium, seng dan senyawa lainnya yang sangat baik untuk tubuh.
  • Ekstrak ikan gabus
Ikan gabus atau albumin memiliki kandungan protein dalam plasma darah sebesar 60%, dimana protein tersebut sangatlah diperlukan oleh tubuh. Albumin mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan sangat baik dalam pemulihan jaringan sel baru.
  • Ekstrak temulawak
Temulawak adalah salah satu tanaman herbal yang sudah tidak diragukan lagi akan khasiatnya. Didalam kandungan temulawak terdapat zat curcuma yang sangat bagik untuk meningkatkan nafsu makan dan temulawak juga terbukti mampu menjadi obat bagi pelancar pencernaan, mengatasi perut kembung, cacingan dan menjaga kesehatan usus.

Khasiat Hexabumin

  • Mampu meningkatkan daya ingat anak
  • Melancarkan pencernaan anak
  • Penambah berat badan
  • Menambah nafsu makan anak
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak
  • Melindungi anak dari virus atau bakteri penyebab penyakit
  • Mengatasi perut kembung

Cara Pemesanan Hexabumin

Untuk kalian yang berminat dengan Hexabumin, kalain bisa mengirimkan pesan via SMS atau pun via whatsapp dengan format pemesanan seperti dibawah ini :
Catatan :

  • Format diatas merupakan format yang dapat memudahkan proses pengiriman
  • Pengirimanakan menggunakan jasa pengiriman barang JNE
  • Ongkir pengiriman barang sudah ditentukan oleh JNE


Komentar