8 Obat Herbal Vertigo yang Sudah Terbukti Ampuh

Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh - Terbukti



Pernahkah anda mendengar tanaman atau daun pegagan ? atau mungkin anda baru pertama kali mendengarnya ? Ya, daun pegagan adalah salah satu jenis tanaman liar yang banyak tumbuh diperkebunan, semak-semak, serta pematang sawah. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Centella asiatica ini berasal dari daerah Asia Tropik dan tersebar di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 
Di Indonesia sendiri tanaman ini lebih dikenal dengan daun kaki kuda atau antanan. Hal ini karena bentuk daunnya yang menyerupai kaki atau tapal kuda. 
Sudah sejak zaman dahulu, daun pegagan ini dijadikan sebagai salah satu tanaman obat. Mengapa demikian ? Karena daun pegagan mengandung banyak senyawa dan zat aktif didalamnya, seperti asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, , beta carotene, asam asiatic, triternoid madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, , fosfor, kalsium, niacin, potassium, tiamin, riboflavin, asam askorbatcentelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, zat besi dan zat vellarine yang memberikan rasa pahit.

Jenis-jenis

Ada 2 jenis tanaman pegagan yang sering dijumpai, yaitu pegagan merah dan pegagan hijau.
  • Pegagan merah dikenal juga dengan antanan kebun atau antanan batu, karena banyak dijumpai di daerah perkebunan, bebatuan, tempat yang terbuka, serta tekstrur tanah yang cenderung kering. Pegagan jenis ini tumbuh merambat dengan geragih (stolon) dan tidak mempunyai batang, namun memiliki rimpang yang pendek. Sedangkan
  • Pegagan hijau lebih sering dijumpai di daerah pesawahan dan disela-sela rumput. Berbeda halnya dengan pegagan merah, pegagan hijau ini lebih menyukai tempat yang cenderung tertutup atau ternaungi daun lembap. 

Khasiat daun pegagan 

Ada banyak khasiat dan manfaat yang terkandung dalam tanaman pegagan ini, mulai dari mengobati penyakit ringan sampai kronis.
Berikut khasiat dan manfaat daun pegagan untuk kesehatan. Di antaranya :

1. Mempercepat penyembuhan luka

Khasiat dan manfaat daun pegagan yang pertama adalah mampu mempercepat penyembuhan luka. Hal ini karena senyawa triterpenoid yang terkandung didalamnya yang mampu menyembuhkan luka. Selain itu, pegagan juga mampu meningkatkan sintesis kolagen pada area luka, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

2. Meredakan stres sekaligus meredakan kecemasan

Tanaman pegagan dipercaya mampu menjadi obat penenang sekaligus meredakan stres. Selain itu, tanaman ini juga memiliki sifat antidepresi. Dimana sifat ini terdapat pada triterpene yang terkandung dalam pegagan. Pernyataan tersebut terbukti pada penelitian yang dilakukan kepada para penderita yang mengalami kecemasan berlebih, dan hasilnya dalam beberapa hasri kadar stres dan depresi mengalami penurunan.

3. Mengatasi insomnia

Insomnia atau gangguan tidur merupakan hal yang sering terjadi dimasyarakat, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini. Namun beberapa senyawa dalam daun pegagan, seperti brahmoside dan brahminoside mampu menjadi alternatif dalam mengatasi kondisi tersebut. 

4. Mmenyamarkan strech marks

Strech marks atau guratan pada beberapa bagian tubuh, seperti paha, perut dan payudara dapat disamarkan dengan mengoleskan ekstrak pegagan. Hal ini karena ekstrak pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen tubuh berkat kandungan senyawa organik alami triterpene. Tidak hanya menyamarkan, ekstrak pegagan juga dapat mencegah munculnya guratan baru.

5. Meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah

Bagi anda yang menyukai atau memiliki hobi jalan-jalan (traveling) pasti sering mengalami nyeri akibat sirkulasi darah yang terganggu. Hal ini karena terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh yang biasanya ditandai dengan pembengkakan pada pergelangan kaki akibat menurunya sirkulasi darah ke jantung. 
Namun tenang, ekstrak dari pegagan ini dapat memperbaiki jaringan ikat dinding pembuluh darah sehingga sangat diperuntukan sebagai pengobatan varises.

6. Meredakan nyeri sendi

Nyeri sendi tidak hanya bisa menyerang mereka yang telah merusia lanjut, namun juga bisa menyerang mereka yang sering melakukan pekerjaan berat. Nah, sifat anti-inflamasi yang ada pada daun pegagan, terbukti mampu meredakan nyeri serta proses peradangan pada sendi. Bahkan, tanaman ini memiliki anti-nyeri yang mirip dengan aspirin.

7. Membantu proses penyembuhan tukak lambung

Tukak lambung adalah luka terbuka pada dinding dalam organ lambung. Luka ini bisa memicu berbagai keluhan, seperti nyeri, gangguan pencernaan, mual hingga perut kembung. Sedangkan ekstrak daun pegagan dipercaya mampu memperkuat lapisan dinding lambung. Hali ini karena kandunga anti-oksidan yang terkandung didalmnya.
Selain itu, penelitian juga menyatakan bahwa centella asiatica mampu mempercepat proses penyembuhan tukak lambung serta pemeriksaan di bawah mikroskop menunjukan berkurannya infiltrasi leukosist ke lapisan mukosa lambung. 

8. Mengobati diabetes

Kandungan zat glikosida brahmoside dan brahminoside, senyawa yang terkandung didalam daun pegagan ini dapat menimbulkan efek sedatif dan bersifat hipoglikemik. Dimana senyawa tersebut dapat menurunkan kadar gula secara signifikan. Eksrak daun pegagan juga dinilai dapat membantu pemulihan kondisi organ ginjal, pankreas dan hati yang rusak akibat kadar glukosa darah yang berlebih. 

9. Membantu mengatasi alzheimer

Dari hasil penelitian menjukan bahwa tumbuhan pegagan ini dapat meningkatkan kinerja sistem saraf dan otak sekaligus meningkatkan daya ingat (memori) secara alami.

10. Menjaga fungis otak

Khasiat yang terakhir adalah ekstrak daun pegagan terbukti mampu menjaga fungsi otak. Daun pegagan mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi sel-sel otak dari radikal bebas, meningkatkan konsentrasi, sebagai nutisi terbaik untuk otak, serta menstrabilkan kesehatan otak.

Nah, untuk kalian yang sulit mendapatkan daun pegagan ini, tenang saja. Dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, hadirlah Brain Nutrition. 
Brain Nutrition merupakan produk herbal yang terbuat dai 100% ekstrak daun pegagan yang berkualitas tinggi dan tidak menggunakan sedikit pun campuran zat kimia. Selain itu Brain Nutrition juga diproses menggunakan Nano Teknologi.
Apa itu nano teknologi ? nano teknologi ialah proses penerapan dalam pengolahan sebuah bahan yang akan dijadikan prosuk herbal, dengan keunggulan akan menambah khasiat dan manfaat herbal tersebut.
Meski Brain Nutrition terbilang produk baru, namun Brain Nutrition telah memiliki legalitas resmi dari BPOM RI dengan no POM TR 163392961 dan pastinya sertifikat Halal dari MUI. Sehingga sudah pasti AMAN, karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Komposisi dan kandungan Brain Nutrition

Seperti yang kita ketahui, daun pegagan memiliki khasiat yang sangat luar biasa dalam mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Terutama otak.
Kandungan daun pegagan
  • beta carotene
  • asam asiatic
  • asam
  • madecassic
  • madecassode
  • triternoid
  • brahmic acid
  • meso-inositol
  • fosfor
  • kalsium
  • niacin
  • potassium
  • tiamin
  • riboflavin
  • asiaticoside
  • asam askorbat
  • dan yang lainnya.

Dari kandungan-kandungan diatas, sudah bisa dipastikan bahwa daun pegagan merupakan tanaman herbal yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Terlebih bagi kesehatan otak.

Cara pemesanan Brain Nutrition

Bagi anda yang berminat dan ingin membuktikan khasiat dari Brain Nutrition, anda bisa mengirimkan pesan via SMS atau pun via Whatsapp dengan format pemesanan seperti dibawah ini :
Catatan :
  • Format diatas merupakan format yang dapat memudahkan proses pengiriman
  • Pengirimanakan menggunakan jasa pengiriman barang JNE
  • Ongkir pengiriman barang sudah ditentukan oleh JNE
  • Berlaku hari ini saja, besok ? Kembali normal





Komentar