Waspada Penularan Virus Cacar Monyet, Kenali Gejala dan Pencegahannya Agar Tidak Tertular

Penyebab dan cara ampuh mengobati amenorea secara alami - Terbukti Efektif

Setiap wanita yang telah memasuki usia pubertas pasti akan mengalami siklus mentruasi setiap bulannnya. Siklus menstruasi bisa terjadi pada awal bulan, pertengahan maupun akhir bulan, tergantung dengan hormon dan bagaimana organ genital atau panggul mereka terbentuk. 
Namun bagaimana jika siklus menstruasi tersebut terjadi secara teratur ? atau bahkan anda mengalami amenorea ? Tentu akan membuat anda cemas juga khawatir bukan ? Lalu apa itu amenorea ? Nah, untuk mengetahuinya, simak penjelasannya berikut ini.

Definisi

Apa itu amenorea ?

Amenorea atau Amenorrhea adalah suatu kondisi gangguan menstruasi dimana wanita tidak mengalami menstruasi, walaupun sudah masuk siklusnya. Siklus menstruasi normal terjadi karena perubahan kadar hormon. Hormon reproduksi wanita diproduksi oleh indung telur (ovarium). Ovarium menanggapi sinyal hormonal dari kelenjar pituitari yang terletak di dasar otak, yang juga dikendalikan oleh hormon yang diproduksi di hipotalamus otak. Gangguan yang memengaruhi setiap komponen siklus hormonal ini dapat menyebabkan amenorea.

Pada dasarnya amenorea adalah kondisi umum yang terjadi dan biasanya menunjukkan ada ketidakseimbangan dalam fungsi tubuh. Selain itu, kondisi ini juga sering mempengaruhi wanita yang sedang hamil. Selama kehamilan hormon diatur untuk menghentikan ovulasi dan menstruasi. 

Amenorea dibedakan menjadi 2 jenis, yakni amenore primer dan amenore sekunder. Amenore primer adalah suatu keadaan yang terjadi ketika seorang wanita yang telah berusia 15-16 tahun namun belum mengalami mentruasi. Sedangkan amenore sekunder adalah seorang wanita dengan usia subur yang tidak sedang hamil, namun tidak mengalami menstruasi selama lebih dari 3 siklus atau 6 bulan lamanya.

Gejala

Apa saja gejala amenorea ?

Selain tidak mengalami menstruasi, ada beberapa gejala lain yang bisa timbul dan perlu kita waspadai. Berikut diantaranya :
  • Sakit kepala
  • Payudara tidak membesar
  • Gangguan penglihatan
  • Tumbuhnya rambut-rambut di wajah secara berlebihan
  • Rambut rontok
  • Suara berat seperti laki-laki
  • Jerawat
  • Keluarnya air susu walau tidak sedang menyusui, akibat meningkatnya kadar prolaktin
  • Nyeri panggul

Selain gejala-gejala diatas, mungkin ada gejala-gejala lain yang bisa muncul. Untuk memastikannya, disarankan untuk segera memeriksakannya pada dokter. 

Penyebab

Apa penyebab amenorea ?

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya amenorea. Berikut di antaranya :
  1. Perubahan hormon alami. Perubahan hormon bisa terjadi saat wanita sedang dalam masa kehamilan, menyusui dan menopause.
  2. Stres. Ketika seseorang sedang dalam kondisi stres, maka mampu mengubah fungsi hipotalamus, yang merupakan daerah yang mengontrol siklus menstruasi. Hal ini biasanya bersifat sementara dan siklus menstruasi akan kembali bila stres berkurang.
  3. Ketidakseimbangan hormon. Ketdakseimbangan hormon ini bisa terjadi akibat adanya suatu kondisi seperti sindrom ovarium polikistik, gangguan tiroid, tumor hipofisis atau menopause dini.
  4. Cacat lahir. Seseorang yang memiliki organ reproduksi yang tidak berkembang sempurna termasuk penyempitan atau penyumbatan bagian leher rahim (serviks), tidak adanya uterus atau vagina, dan vagina yang terbagi menjadi 2 bagian (sekat vagina).
  5. Olahraga yang berlebihan. Meski olahraga sangat dibutuhkan, namun bukan berarti bisa berlebihan. Contohnya pada penari balet. penari balet atau disebut balerina membutuhkan pelatihan intensif, yang membutuhkan waktu latihan yang lama bahkan berbulan-bulan. dimana hal ini akan menyebabkan terganggunya siklus menstruasi.
  6. Berat badan dibawah normal. Berat badan dibawah normal dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat menghentikan ovulasi. Beberapa kondisi seperti bulimia dan anoreksia dapat menyebabkan ini terjadi amenorea.
  7. Obat-obatan tertentu. Obat memang berfungsi dalam proses penyembuhan, namun tidak sedit pula dari obat-obatan tersebut mampu menimbulkan efek samping yang merugikan penderitanya. Seperti obat kontrasepsi, antipsikotik, antidepresan, obat tekanan darah, obat kemoterapi kanker dan beberapa obat alergi, dimana obat-obatan tersebut mampu memicu terjadinya amenorea.

Selain beberapa hal diatas, seseorang yang memiliki penyakit kelenjar hipofisis (pituitari) dan hipotaalamus (wilayah otak yang penting untuk kontrol produksi hormon) juga dapat menyebabkan amenore primer karena daerah ini memainkan peran penting dalam regulasi hormon indung telur.

Faktor risiko

Amenorea bisa terjadi pada siapa saja yang telah memasuki masa subur (pubertas). Namun ada beberarap orang yang memiliki risiko tinggi mnegalami amonera ini. Berikut diantaranya :
  • Genetik. Meskipun belum ada penelitian yang bisa memastikannya, namun wanita yang memiliki riwayat dari keluarga dengan gangguan ini pun mampu meningkatkan adanya gangguan yang sama. 
  • Adanya kondisi tertentu, seperti anoreksia atau bulimia.
  • Pelatihan atletis. Pelatihan dengan intensitas tinggi (berlebih )dapat meningkatkan risiko amenore lebih tinggi.

Meskipun amenorea akan hilang dengan sendirinya dan tubuh bisa mendapatkan kembali siklus menstruasi, namun bukan berarti kita bisa menganggapnya hal yang sepele. Karena saat seseorang yang tidak mendapatkan siklus menstruasi dengan tepat, maka amenorea pun bisa memicu berkurangnya kepadatan tulang (osteoporosis) dan yang paling fatalnya lagi adalah bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kemandulan pada wanita.

Rekomendasi Herbal Dalam Mengobati Amenorea 

Secara Alami

Bersih Wanita merupakan salah satu produk herbal unggulan yang dikhususkan untuk para wanita dalam mengatasi berbagai macam masalah pada organ kewanitaan. Salah satunya menngatasi gagguna pada menstruasi (amenorea). Bersih wanita diproses menggunakan Teknologi Nano.

Apa itu teknologi nano ? Teknologi Nano adalah suatu proses yang mengubah bahan baku herbal yang berukuran besar menjadi ukuran nano (kecil) dan bertujuan agar khasiat yang terkandung didalam obat cepat untuk bereaksi dan mudah untuk mengkonsumsinya.

Selain itu bersih wanita juga telah memiliki legalitas resmi dari BPOM RI dengan No POM TR 173307361 dan sSertifikat Halal dari MUI. Sehingga sudah pasti aman untuk dikonsumsi dan yang terpenting menimbulkan efek samping yang membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Komposisi Bersih Wanita

Selain menggunakan teknologi nano, bersih wanita juga terbuat dari bahan-bahan alami, yaitu :
  • Ekstrak Daun Sirih
Seperti yang kita ketahui, daun sirih memiliki kandungan antiseptik alami. Dimana kandungan tersebut berkhasiat dalam mengatasi berbagai macam masalah pada organ kewanitaan.

  • Ekstrak Kunyit
Kunyit memiliki zat curcuma yang sangat baik jika masuk ke dalam tubuh. Salah satunya dalam menjaga kesehatan organ kewanitaan.
  • Ekstrak Kayu Manis
Kayu manis sudah dijadikan sebagai pengobatan sejak 2000 tahun sebelum masehi. Hal ini menandakan bahwa kayu manis memang sangat baik bagi penyembuhan penyakit. Hal ini karena kayu manis memiliki kandungan minyak atsiri, eugenol, kalsium oksalat, sinamaldehide, tanin, damar dan zat penyamak.
  • Ekstrak Manjakani
Khasiat manjakani sudah tidak diragukan lagi dalam mengatasi masalah organ kewanitaan. Didalam ekstrak manjakani terdapat kandungan seperti karbohidrat, vitamin C, vitamin A, antioksidan, asid tanik, serat, kalsium, tanin, zat besi dan protein. oleh sebab itu manjakani sangat baik bagi kesehatan tubuh dan organ kewanitaan.

Khasiat Bersih Wanita

  • Meredakan rasa nyeri selama menstruasi
  • Membantu meredakan kram saat menstruasi
  • Mengatasi gangguan pada siklus menstruasi (amenorea)
  • Mengurangi nyeri punggung dan tubuh saat menstruasi
  • Menormalkan kembali bentuk dan fungsi rahim
  • Mengatasi keputihan
  • Mencegah kanker rahim
  • Mencegah vulvodynia
  • Menyeimbangkan hormon kewanitaan
  • Mencegah dan mengatasi Bacterial Vaginosis (BV)
  • Mencegah sindrom syok toksik
  • Mencegah fibroid
  • Mengatasi trikomoniasis
  • Dan masalah kewanitaan lainnya

Cara Pemesanan Bersih Wanita

Untuk kalian yang mengalami masalah pada organ kewanitaan dan berminat dengan bersih wanita, kalian bisa mengirimkan pesan via whatsapp atau pun SMS dengan format pemesanan dibawah ini :
Catatan :

  • Format diatas Merupakan format yang dapat memudahkan proses pengiriman
  • Pengiriman akan mengunakan jasa pengiriman barang JNE
  • Ongkir pengiriman barang sudah ditentukan oleh JNE

Baca juga : 

Komentar