Inilah Gejala Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules

Awas, Inilah Bahaya Memakai Jaket Saat Lari (Olahraga)

Lari merupakan suatu aktifitas fisik yang hampir setiap orang pernah melakukannya, terutama bagi mereka yang menjadikan lari sebagai salah satu olahraga yang harus dilakukan setiap minggunya dan mereka akan menyempatkan waktu untuk berlari.


Namun apakah kalian tahu bahwa berlari dengan menggunakan jaket berbahaya ?  Ya, seperti yang kita ketahui, saat berlari detak jantung pun secara otomatis akan mengalami peningkatkan. Hal ini karena karena jantung mengalirkan pasokan darah yang mengandung banyak oksigen ke bagian otot yang mengalami pergerakan. Dimana hal ini menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga tubuh cenderung mengeluarkan keringat.

Nah, dengan demikian, ketika anda menggunakan jaket saat berlari, proses penguapan keringat yang dikeluarkan oleh tubuh akan terhambat. Padahal, proses penguapan keringat ini sangat penting saat seseorang melakukan aktivitas fisik atau pun olahraga, seperti berlari. Hal ini dikarenakan proses penguapan tersebut akan membantu mendinginkan suhu badan kita yang akan semakin memanas saat kita berolahraga.  

Oleh sebab itu, ketika suhu tubuh tinggi, pemakaian jaket pada saat lari justru akan memperparah kondisi tubuh, bahkan bisa berakibat fatal. 

Selain itu, mantan fisioterapis tim sepak bola nasional Indonesia Matias Ibo juga mengatakan bahwa berlari dengan menggunakan jaket dikala cuaca sedang panas, justru akan membuat tubuh semakin panas. Dimana akhirnya tubuh akan memproduksi keringat lebih banyak.

Ketika tubuh memproduksi keringat secara berlebih, maka tubuh berpotensi mengalami dehidrasi. Dan dehidrasi akan semakin parah jika tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup.

Meski cara ini cocok bagi mereka yang menginginkan turunnya berat badan, namun lari dengan menggunakan jaket dan dalam cuaca panas justru akan membuat tubuh kehilangnya cairan secara berlebihan.

Tidak hanya dehidrasi, menggunakan jaket saat lari ditengah cuaca panas dan tidak diimbangi dengan asupana cairan juga akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Salah satunya gagal ginjal.

Selain itu, Matias juga mengatakan bahwa "Menggunakan jaket sebenarnya boleh saja, hanya saja jika cuaca sedang ekstrem. Misalnya saat sedang turun salju, mka tak jadi masalah. Karna sebenarnya jaket lari itu didesain untuk negara-negara yang memiliki musim dingin. Seperti Swiss misalnya, dimana saat musim dingin melanda suhu dinegara ini bisa mencapai minus 20°. Maka dari itu, mereka harus menggunakan jaket saat keluar rumah atau berolahraga.


Baca juga :

Komentar