Waspada Penularan Virus Cacar Monyet, Kenali Gejala dan Pencegahannya Agar Tidak Tertular

5 Bahaya Pecahnya Pembuluh Darah Di Otak

Pembuluh darah merupakan salah satu bagian dari sistem sirkulasi yang membawa darah ke seluruh bagian tubuh. Dimana pembuluh darah memiliki tugas untuk menjaga pasokan oksigen dan nutrisi pada semua organ dan jaringan di dalam tubuh.


Pembuluh darah sendiri mampu membawa lebih dari 6800 liter darah perharinya. Sepanjang usia manusia masih hidup, pembuluh darah akan mengangkut hingga miliaran liter darah ke seluruh tubuh. Bahkan, pembuluh darah seseorang memiliki panjang hingga lebih dari 96 ribu km atau sama dengan dua kali mengelilingi bumi jika ditarik dalam garis lurus. 

Ada banyak pembuluh darah di dalam tubuh. Namun sayangnya, pembuluh darah sangatlah rentan mengalami masalah atau kerusakan. Salah satunya pada kasus pecahnya pembuluh darah di otak.

Penyebab Pecahnya Pembuluh Darah Di Otak dan Faktor Risiko

Ada banyak faktor hal yang bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak. Berikut di antaranya :
  • Cedera pada bagian kepala merupakan penyebab pecahnya pembuluh darah di otak yang paling sering terjadi. Umumnya hal ini bisa berawal dari adanya benturan benda keras, misalnya saat kecelakaan atau terjatuh dengan posisi kepala terbanting.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi yang terjadi selama bertahun-tahun dapat menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi rapuh. Jika kondisi ini tidak segera diobati, maka bisa menjadi penyebab utama terjadinya perdarahan di otak.
  • Angiopati amiloid. Kondisi ini merupakan kelainan dinding pembuluh darah akibat penumpukan protein beta amiloid. Angiopati amiloid umumnya terjadi pada lansia dan penderita demensia atau penyakit alzheimer.
  • Malformasi arteriovenosus (kelainan pembuluh darah). Yaitu lemahnya pembuluh darah di dalam dan sekitar otak. Kelainan ini umummnya terjadi sejak lahir.
  • Aneurisma. Aneurisma ialah suatu kondisi dimana terjadi pelebaran pada dinding pembuluh darah. Jika kondisi ini sudah parah, maka pembuluh darah akan pecah dan perdarahan akan terjadi pada otak, sehingga dapat memicu terjadinya stoke.
  • Kelainan darah atau kelainan pembekuan darah. Misalnya hemofia dan anemia sel sabit, yang berpengaruh terhadap terjadinya penurunan kadar trombosit darah. Dampak penggunaan obat pengencer darah juga bisa menimbulkan perdarahan pada otak.
  • Adanya tumor atau kanker pada otak.

Faktor Risiko

Selain beberapa kondisi diatas, ada faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami pecahnya pembuluh darah di otak. Di antaranya :
  • Merokok
  • Sering mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Penggunaan obat-obatan terlarang (narkoba), misalnya kokain dan heroin.

5 Bahaya Pecahnya Pembuluh Darah Di Otak

Seseorang yang mengalami pecah pembuluh darah diotak harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini karena pecahnya pembuluh darah di otak dapat berakibat fatal. Berikut 5 bahaya pecahnya pembuluh darah di otak. Antara lain :

1. Gangguan pada penglihatan

Bahaya pecahnya pembuluh darah di otak yang pertama adalah terjadinya gangguan pada penglihatan. Jika perdarahan terjadi pada bagian otak yang menjadi sistem koordinasi penglihatan, maka akan memunculkan gangguan penglihatan secara tiba-tiba.

2. Pembengkakan otak

Pembengkakan otak atau dalam istilah medis disebut dengan edema serebral terjadi ketika adanya penumpukan cairan yang berlebih di dalam otak akibat pecahnya pembuluh darah. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah istilah brain hemorrhage. 

Pembengkakan ini juga dapat mencegah darah untuk mengalir ke otak. Dan hal ini juga menghambat pasokan oksigen untuk masuk ke otak. Padahal oksigen sangatlah dibutuhkan oleh oatk, agar dapat berfungsi secara optimal.

Selain itu, pembengkakan otak juga dapat menghalangi cairan lainnya meninggalkan otak anda, dan membuat pembengkakan semakin parah. 

3. Perdarahan otak

Perdarahan otak merupakan perdarahan intrakranial yang terjadi di dalam jaringan otak. Perdarahan ini dapat terjadi secara tiba-tiba pada stoke hemoragik atau karena adanya cedera otak. termasuk pecahnya pembuluh darah di otak.

4. Stroke

Stroke merupakan suatu kondisi dimana jaringan yang ada di dalam tubuh sudah tidak bisa berfungsi lagi (mulai mati). Kondisi ini berawal dari pecahnya pembuluh darah di otak, yang kemudian menyebabkan sel atau jaringan di otak tidak mendapatkan pasokan oksigen secara cukup. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang membawa oksigen terhambat. Seseorang yang mengalami stoke akan mulai kehilangan kemampuan untuk bergerak, berbicara, serta daya ingat.

5. Kematian mendadak

Otak merupakan sistem pusat yang bertugas untuk mengendalikan semua kinerja organ tubuh lainnya. Otak juga merupakan organ tubuh yang harus bekerja setiap saat. Hal inilah yang menyebabkan saat otak mengalami masalah, maka dapat berakibat fatal bahkan menyebabkan kematian mendadak.

Cara Mencegahnya Pecahnya Pembuluh Darah Di Otak

Pecahnya pembuluh darah darah di otak masih bisa dicegah. Cara mencegahnya yaitu dengan menjaga kesehatan otak itu sendiri, misalnya dengan menghentikan kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko, seperti berhenti merokok, berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol, olahraga secara rutin dan teratur setidaknya 30 menit perhari.

Bagi anda yang memiliki penyakit jantung atau hipertensi, maka dengan mengobati keduanya juga akan mempekecil risiko terjadinya pembuluh darah pecah di otak. Sedangkan pada penderita diabetes, dengan menjaga kadar gula darah agar tetap normal juga bisa membantu mengurangi risiko terjadinya hal ini. 

Produk Herbal Dalam Menjaga & Mengatasi Berbagai Macam Gangguan Pada Otak

Mengingat otak sangat penting bagi keberlangsungan hidup anda, maka dari itu kami rekeomendasikan anda untuk mengkonsumsi Walatra BRAIN NUTRITION.


BRAIN NUTRITION merupakan produk herbal yang terbuat dari ekstrak daun pegagan. Dimana daun pegagan ini memiliki khasiat yang sangat luar biasa, terutama dalam menjaga dan mengatasi berbagai macam gangguan pada otak.

Brain Nutrition adalah produk herbal yang berkualitas tinggi, karena terbuat dari bahan yang alami tanpa sedikit pun menggunakan campuran zat kimia. Selain itu, Brain Nutriyion juga diproses dengan menggunakan Nano Teknologi.

Apa itu Nano Teknologi ? Nano teknologi adalah proses penerapan dalam pengolahan sebuah bahan yang akan dijadikan produk herbal, dengan keunggulan akan menambah khasiat dan manfaat herbal tersebut.

Selain menggunakan teknologi modern, Brain Nutrition juga sangat aman dikonsumsi. Hal ini karena Brain Nutition telah memiliki sertifikat Halal dari MUI dan tentunya izin dari BPOM RI dengan no POM TR 163392961. Sehingga sudah pasti aman dan yang paling penting, tidak menimbulkan efek samping apapun yang membahayakan kesehatan anda.

Khasiat Brain Nutition

Seperti yang sudah dikatakan, bahwa Brain Nutrition ini merupana produk herbal yang dikhususkan dalam menjaga dan mengatasi berbagai macam gangguan pada otak. Di antaranya :
  • Mengautkan daya ingat bagi 
  • Menstabilkan kesehatan otak
  • Sebagai nutrisi terbaik untuk otak
  • Membantu proses pembersihan darah kotor dalam tubuh
  • Melancarkan peredaran darah
  • Memperbaiki beberapa sel yang rusak
  • Membantu proses pelancaran visikositas atau pengentalan darah
  • Meningkatkan stamina tubuh
  • Menjadi daya imun yang baik
Produk herbal Barin Nutrition sangat di rekomendasikan bagi anda yang mudah lupa dan menginginkan daya ingat yang sangat kuat.

Cara Pemesanan Barin Nutrition

Bagi anda menginginkan kesehatan otak tetap terjaga ataupun memiliki keluhan pada organ otak, segeralah lakukan pemesanan Barin Nutrition. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengirimkan pesan via SMS atau via Whatsapp dengan format pemesan seperti di bawah ini.
Catatan :
  • Format diatas merupakan format yang dapat memudahkan proses pengiriman
  • Pengirimanakan menggunakan jasa pengiriman barang JNE
  • Ongkir pengiriman barang sudah ditentukan oleh JNE

Komentar