Inilah Gejala Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules

8 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat dan Alami

Menjaga kebersihan dan kesehatan kaki seringkali luput dari perhatian. Hal ini lantaran kaki sering tertutup oleh sepatu yang membuatnya tidak terlalu diperhatikan. Padahal, menjaga kebersihan dan kesehatan kaki sama pentingnya dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh lainnya. Bahkan lebih penting, karena saat kaki tertutup oleh sepatu, maka secara otomatis pula kaki akan menjadi lembab. Dimana hal ini menyebabkan berkembangnya bakteri yang bisa mengakibatkan adanya bau kaki.


Berbicara mengenai bau kaki, tentu anda pernah mengalaminya bukan ? Ya, hal ini biasanya dialami oleh anak sekolah maupun mereka yang bekerja kantoran. Dimana mereka diharuskan untuk memakai sepatu. Bau kaki umumnya terjadi saat seseorang memakai sepatu dalam waktu lama. Saat anda sedang memakainya, mungkin anda tidak akan menyadari akan baunya. Namun, saat sepatu atau kaos kaki dibuka, barulah anda mendarai akan bau kaki tersebut.

Bau kaki sering kali membuat seseorang merasa malu atau minder. Hal ini karena selain bau yang menyengat, seseorang yang memiliki bau kaki sering kali dianggap sebagai seseorang yang jorok atau memiliki pola hidup yang buruk.

Lantas apa saja penyebab bau kaki ? Bagaimana cara untuk menghilangkannya ? Nah, untuk mengetahui hal tersebut, simak ulasan artikel dibawah ini.

Penyebab

Apa saja penyebab bau kaki ?

selain suhu kaki dalam sepatu yang lembab, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan bau kaki. Di antaranya :
  • Jarang membersihkan kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu.
  • Jarang menjemur sepatu
  • Stres
  • Jarang menjaga kebersihan kaki, kaon kaki atau sepatu.
  • Keringat berlebih akibat perubahan hormon. Umumnya terjadi pada remaja.
  • Adanya kondisi medis tertentu. Misalnya hyperhidrosis, dimana biasanya seseorang berkeringat lebih banyak dibanding orang-orang pada umumnya.

8 Cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan alami

Setelah kita mengetahui mengenai apa saja faktor yang bisa menyebabkan bau kaki, sekarang kita lanjutkan dengan cara menghilangkannya. Yups, untuk kamu yang terlanjur mengalami bau kaki penting untuk tahu bagaimana cara menghilangkannya. 

Nah, berikut 8 cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan alami. Antara lain :

1. Kopi

Cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan alami yang pertama adalah dengan menggunakan kopi. Jika biasanya anda mengkonsumsi kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun kali ini anda juga bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara menghilangkan bau kaki.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan kopi tanpa gula dengan sedikit tambahan air, lalu mengaduknya hingga menjadi pasta. Kemudian, balurkan pada kaki. Diamkan selama 15 menit sebelum akhirnya dibilas.

2. Tepung maizena

Jika umumnya tepung maizena digunakan sebagai bahan untuk membuat kue, namun kali ini anda juga bisa menggunakannya sebagai salah satu cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan alami. Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu membalurkan tepung maizena secara merata pada kaki sebelum anda menggunakan sepatu.

3. Teh

Cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan alami yang yang selanjutnya adalah dengan menggunakan teh. Selain memiliki rasa dan aroma yang menenangkan, kandungan alami yang ada pada teh juga memiliki khasiat yang luar biasa. Salah satunya ampuh dalam menghilangkan bau kaki dengan cepat. Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencuci kaki dengan air teh hangat. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang hampir digunakan dalam setiap masakan. Namun sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui bahwa garam juga dapat membasmi bakteri yang menyebabkan bau kaki.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan 1 baskom air hangat. Kemudian rendam kaki selama 20 menit. Lakukan cara ini setiap hati.

5. Lemon

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga memiliki khasiat dalam hal kecantikan. Terlepas dari itu, lemon juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki dengan ampuh. Hal ini karena adanya sifat anti-bakterial yang mampu menghilangkan bau kaki. 

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Peras beberapa buah lemon, kemudian campurkan dengan 1 baskom atau ember air hangat. Setelah itu, rendam kaki selama 15 menit agar bakteri penyebab bau kaki mati.

6. Baking soda

Cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan alami yang yang selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Jika biasanya anda menggunakan baking soda untuk membuat kue menjadi mengembang. Namun kali ini anda juga bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan alami. 

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan 1 baskom air. Aduk hingga baking soda larut bersamaan dengan air. Kemudian, rendam kaki selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas dan bersihkan dengan handuk.

7. Jeruk nipis

Selain mampu mencerahkan kulit, kandungan asam dan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis juga terbukti ampuh dan efektif dalam menghilangkan bakteri. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bau kaki bisa disebabkan oleh adanya bakteri akibat suhu yang lembab. 

Nah, cara pemanfaatannya cukup mudah. Pertama potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian oleskan jeruk nipis pada kaki secara merata. Jika sudah, diamkan selama beberapa menit atau sampai kandungan yang ada pada jeruk nipis terserap oleh kulit kaki.

8. Cuka apel

Cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan alami yang yang terakhir adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel mengandung kadar asam yang tinggi, dimana hal ini sangat efektif dalam membasmi bakteri penyebab bau kaki. Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 gelas cuka dengan 1 baskom air. Kemudian rendam kaki selama 15 menit.

Selain cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan alami diatas, anda juga sebaiknya melakukan beberapa perubahan pola hidup. Seperti rutin membersihkan atau mencuci kaki, kaos kaki dan juga sepatu, hindari menggunakan kaon kaki atau sepatu dalam keadaan basah, serta hindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan bau kaki misalnya minuman berkafein tinggi, junk food, daging merah atau makanan yang dapat meningkatkan keringan berlebih. 


Komentar