6 Penyebab Nyeri Ulu Hati yang Sering Terjadi

Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Untuk Kesehatan (No.9 Gak Nyangka)

Manfaat Makan Bawang Merah - Pernahkah anda membayangkan bagaimana rasanya mengkonsumsi bawah merah dalam keadaan mentah. Atau mungkin anda pernah mencobanya ? Yups, sangat sedikit orang yang melakukan ini. Padahal mengkonsumsi bawah merah dalam keadaan mentah sangatlah baik untuk kesehatan.


Bawah merah mengandung sumber nutrisi baik seperti mineral, vitamin, antioksidan, fitonutrien dan senyawa sulfur tinggi yang bertanggung jawab atas aroma bawang merah yang kuat.

Tidak hanya itu, bawang merah juga kaya akan senyawa flavonoid terutama quercetin yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-jamur. lantas apa saja manfaat makan bawah merah merah untuk kesehatan. Yuk, simak ulasannya dibawah ini. 

Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Untuk Kesehatan

1. Obat pernafasan

Manfaat makan bawang merah mentah yang pertama yaitu bisa menjadi obat pernafasan alami. Kandungan anti-inflamasi yang ada pada bawang merah dapat menenagkan otot-otot saluran pernafasan, mengurangi asma dan penyakit bronkitis. Bawang merah juga efektif dalam mencegah batuk, pilek, flu, bersin-bersin dan hidung meler.

2. Obat sembelit

Tidak hanya menjadi obat pernafasan. Bawang merah juga mengandung serat larut yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Makan satu buah bawang merah mentah sehari, akan membuat anda terhindar dari sembelit.

3. Mengontrol kadar gula dalam darah

Makan bawang merah mentah setiap hari dapat meningkatkan produksi insulin. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, cobalah untuk memperbanyak mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah.

4. Obat tuberculosis

Manfaat makan bawang merah mentah yang selanjutnya yaitu mampu menjadi obat tuberculosis. Bawang merah memiliki sifat anti-septik serta anti-mikroba. Dimana sifat ini dapat menonaktifkan mycobacterium yang menyebabkan tuberkulosis dan mengerahkan efek anti-tuberkular.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ fital tubuh. Dimana jantung berfungsi untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh organ maupun bagian tubuh. Oleh sebab itulah, sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Nah, senyawa belerang dalam bawang merah juga berperan sebagai pencair darah alami dan mencegah agregasi trombosit. Zat quercetin yang terkandung dalam bawang merah juga terbukti efektif dalam mencegah pengerasan arteri, mencegah penumpukan plak dan meminimalisir risiko serangan jantung.

6. Detoksifikasi

Manfaat makan bawang merah mentah dapat meningkatkan sirkulasi darah yang berperan penting dalam detoksifikasi atau membuang racun dari dalam tubuh. Bawang merah juga mampu menstimulasi enzim pencernaan.

7. Mengontrol tekanan darah

Bawang merah rendah akan kalori, rendah akan sodium dan tidak mengandung lemak. Dengan itu, bawang merah dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan efektif dalam menurunkan tekanan darah.

8. Meningkatkan produksi ASI

Manfaat makan bawang merah mentah juga rupanya dapat dirasakan oleh ibu yang sedang dalam masa menyusui. Pasalnya, makan bawang merah mentah memiliki efek yang nyata dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

9. Mencegah kanker

Mencegah kanker juga merupakan salah satu manfaat makan bawang merah mentah. Seperti yang diketahui, bawang merah mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi didalamnya. Dimana zat antioksidan ini terbukti mampu mencegah seseorang terkena kanker.

10. Meningkatkan kesehatan otak

Adanya kandungan folat pada bawang merah merupakan salah satu dari delapan vitamin B yang dapat meningkatkan funsgi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Folat juga mampu melindungi DNA dan RNA tubuh anda.

Nutrisi penting lainnya dalam bawang merah adalah zat besi yang sangat penting untuk fungsi otak. Selain itu, bawang merah juga mengandung senyawa lain yang disebut pyrithione yang mampu melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

Sifat-sifat anti-radang dari bawang merah ini juga dapat membantu mencegah alzheimer (kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat). Bawang merah juga dapat menenangkan saraf dan mengobati iritasi saraf.

11. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat makan bawang merah mentah yang selanjutnya yaitu mampu meningkatkan sistem imun tubuh. kandungan protein dan peptida dalam bawang merah dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. 

12. Menjaga kadar kolesterol

Menjaga kadar kolesterol juga salah satu manfaat makan bawang merah mentah. Bawang merah mengandung sulfida methylallyl serta asam amino seufur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

13. Meningkatkan kesehatan tulang

Salah satu studi yang dilakukan pada wanita pra dan pasca menopause menunjukan bahwa makan bawang merah mentah dapat meningkatkan kepadatan tulang. Mereka yang makan bawang merah mentah sekali sehari atau lebih memiliki kepadatan tulang sebesar 5% lebih besar dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsi bawang merah. 

Ada juga penelitian yang menyatakan bahwa wanita yang sudah berusia lanjut dan rutin makan bawang merah dapat mengurangi risiko patah tulang pinggul sebesar 20%. Bawang merah juga dapat membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kesehatan gigi.

Sekian informasi yang bisa saya berikan mengenai manfaat makan bawang merah mentah untuk kesehatan. Namun yang pasti, masih banyak manfaat lain dari mengkonsumsi salah satu bumbu dapur ini.

Baca juga : 6 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kecerdasan Otak

Komentar