Inilah Gejala Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules

Waspada, Inilah Bahaya Senggugut Berkepanjangan

Senggugut - Pernahkah anda mendengar istilah senggugut ? atau mungkin baru kali ini anda mendengarnya ? Ya, bagi sebagian orang mungkin belum terlalu pamiliar dengan istiah yang satu ini. Padahal, kondisi ini kerap dialami oleh para wanita yang sedang dalam masa puber atau subur. 


Senggugut atau sakit saat haid memang sering dianggap sebagai hal biasa. Dimana senggugut akan terasa saat hari pertama dan kedua masa haid. Namun, jika senggugutan yang anda alami berlangsung dalam waktu lama, maka anda patut mencurigainya. Pasalnya, tidak sedikit penyakit yang ditandai dengan gejala seperti ini. Salah satunya endometriosis.

Pada keadaan normal, selaput tisu akan luruh dan ikut keluar bersamaan dengan darah haid. Namun, berbeda halnya dengan senggugut. Dimana selaput tisu justru tumbuh di luar rahim dan tidak ikut luruh bersama dengan darah haid atau disebut dengan endometriosis.

Ada begitu banyak bahaya yang mengintai akibat kondisi tersebut. Seperti di kilang telur (ovari), belakang rahim (utero sacral ligament), saluran fallopian, pundi kencing, parut bekas bedah saat melahirkan, dan pada dinding atau otot rahim (adenomyosis). 

Hal ini diungkapkan oleh Prof Dr. Suresh Kumarasamy yang merupakan seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan dan kanker di rumah sakit Gleneagles Penang, saat berkunjung ke Kota Medan beberapa waktu lalu. Dr. Suresh menjelaskan bagaimana penyakit ini bisa mendera kaun wanita. 

"Lebih dari 60% wanita mengalami senggugutan yang parah dan tidak menghiraukan sakit saat haid itu, dengan beranggapan akan hilang dengan sendirinya," Ungkapnya. Padahal, kondisi ini bisa saja menjadi sebuah ancaman bagi kesehatan dan sudah dialami oleh sekitar 10% wanita diseluruh dunia.

Senggugutan biasanya digejalai dengan volume darah yang keluar saat haid, sulit hamil, pernah mengalami keguguran berulang kali, dan merasa sakit saat sedang dan sesudah berhubungan seksual. Bahkan pada beberapa wanita tidak ditemui gejala-gejala tersebut. Itu sebabnya penyakit ini sering dianggap sebagai bukan penyakit, karena lazim dialami wanita subur. 

Selain itu, penyebab lain dari kondisi ini adalah pola hidup masyarakat yang kian berkembang khususnya pada kaum wanita. Salah satunya usia menikah. Lama menikah ternyata bisa berakibat buruk pada organ reproduksi wanita. Mengapa demikian ? Ini karena organ reproduksi dari hari ke hari akan memproduksi hormon yang bermanfaat ketika dibuahi. Jika proses pembuahan yang sudah pada waktunya dibuahi ini tidak berlangsung, maka hormon akan terbuang sia-sia dan memicu timbulnya penyakit. 

Apakah senggugut bisa disembuhkan ?

Hingga saat ini belum ada obat yang benar-benar efektif mengobati senggugut. Namun, anda bisa mencoba beberapa cara alami untuk meredakan sakit atau nyeri sebelum maupun saat haid. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk meredakan nyeri haid. Di antaranya : 
  • Kunyit
Cara alami untuk meredakan nyeri haid yang pertama adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit memang sudah dipercaya sejak dulu sebagai tanaman herbal yang kaya akan khasiat dan manfaat. Salah satunya sebagai obat nyeri haid. Kunyit mengandung zat cucuminoid yang mengandung vitamin B1 yang lengkap dan berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Hal inilah yang menyebabkan tanaman yang satu ini sangat mujarab dalam menggantikan darah yang terbuang saat haid.
  • Asam jawa
Selain dapat menghilangkan rasa mual, asam jawa juga dapat anda jadikan sebagai salah satu cara alami untuk meredakan nyeri haid. Pasalnya, asem jawa mengandung asam amino dan senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai pereda nyeri.
  • Pisang
Siapa sangka bahwa pisang bisa menjadi salah satu cara alami untuk meredakan nyeri haid. Ya, pisnag kaya akan kandungan potassium yang dipercaya oleh banyak orang dapat meringankan nyeri dan kram saat haid.
  • Daun jambu biji
Jika anda berpikiran bahwa daun jambi biji hanya bisa dijadikan sebagai obat diare atau mengatasi gusi bengkak anda salah besar. Nyatanya ada begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun jambu biji ini. Termasuk sebagai pereda nyeri saat haid yang sangat mujarab.
  • Jahe
Sama halnya dengan kunyit. Jahe juga tidak bisa dipungkiri sudah sejak zaman dulu dipercaya sebagai salah satu tanaman yang dapat menyembuhkan beragam macam penyakit. Termasuk meredakan nyeri haid. Jahe mengandung senyawa yang dapat mengurangi produksi prostaglandis pada tubuh yang dapat membuat kontrasi saat haid berkurang.

Itulah informasi yang bisa kami berikan mengani senggugutan. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat bagi anda. 


Komentar