Inilah Gejala Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules

Apakah Buah Naga Baik Untuk Penyakit Asam Lambung ?

Penyakit asam lambung atau GERD saat ini sudah menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa hingga lansia. Penyakit asam lambung adalah penyakit yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada ulu hati bahkan tdak jarang menimbulkan sensasi terbakar di sekitaran dada akibat naiknya kadar asam pada lambung menuju kerongkongan (esofagus). 

Penyakit asam lambung tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Karena dapat memicu terjadinya komplikasi yang cukup serius. Dimana terjadi peradangan pada dinding kerongkongan (esofagitis). Penderita esofagitis yang sudah parah akan kesulitan dalam menelan makanan akibat adanya tukak yang disebabkan oleh terkikisnya dinding kerongkongan. Oleh sebab itu, jangan menganggap sepele penyakit asam lambung ini. 

Mencegah atau mengobati penyakit asam lambung sejak dini akan lebih baik dibanding mengobati dalam keadaan sudah parah. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mencegah sekaligus mengobati penyakit asam lambung adalah dengan menjaga pola makan serta menghindari makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. 

Untuk mengatasi asam lambung saat naik, anda bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mampu membantu mengurangi kadar asam lambung berlebih. Dalam hal ini, salah satu jenis makanan yang dapat mengatasi asam lambung adalah dengan mengkonsumsi buah naga.

Ya, meskipun buah naga terbilang memiliki rasa yang hambar, namun buah yang memiliki nama latin Hylocereus undatus ini memiliki tekstur daging yang lembut dan memiliki kadar air yang tinggi. Selain itu, buah naga juga diperkaya akan kandungan gizi yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Beberapa kandungan dalam buah naga. Antara lain :
  • Vitamin
  • Air
  • Karoten (vitamin A)
  • Lemak tak jenuh
  • Serat
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Niacin (vitamin B3)
  • Fostor
Dengan semua kandungan-kandungan tersebut, menjadikan buah naga sangat baik untuk dikonsumsi. Termasuk unruk mencegah dan mengatasi penyakit asam lambung.

Berikut beberapa manfaat yang bisa penderita asam lambung dapatkan dari buah yang satu ini. Diantaranya :

1. Mencegah asam lambung berlebih

Buah naga membantu meminimalisir asam lambung sekaligus mempercepat proses penyembuhan penyakit asam lambung.

2. Menjaga kadar asam lambung

Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi pada buah naga dapat menjadi sumber energi terutama ketika sedang berpuasa. Serta membantu menjaga kadar asam lambung selama berpuasa.

3. Mempercepat penyembuhan luka esofagus (dinding lambung)

Anti-oksidan dan protein dalam buah naga membantu menjaga kesehatan tubuh serta berperan penting dalam proses penyembuhan luka esofagus serta memperbaiki sel yang rusak pada bagian lambung sehingga dapat pulih dengan cepat.

4. mencegah gangguan pada otot LES 

LES atau Lower Esophagael Sphincter ialah salah satu otot yang berada dibagian bawah esofagus. Dalam keadaan normal, otot ini akan secara otomatis terbuka apabila ada makanan atau minuman yang akan masuk ke lambung dan akan menutup kembali setelah makanan atau minuman masuk. Namun, saat otot LES mengalami gangguan, maka fungsi membuka dan menutup secara otomatispun akan terganggu. Akibatnya asam lambung kembali naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa nyeri atau sensasi terbakar di sekitaran dada atau kerongkongan.

Nah, kandungan kadar kolesterol baik dalam buah naga akan membantu menjaga kelenturan otot-otot kerongkongan sehingga terhindar dari kerusakan fungsi LES.

5. Baik untuk ibu hamil

Tidak sedikit dari ibu hamil yang mengalami kenaikan asam lambung. Hal ini bisa akibat adanya perubahan hormon saat hamil. Perubahan hormon akan sangat dirasakan saat tiga bulan pertama masa kehamilan. Namun anda tidak perlu khawatir, kandungan gizi sepeti vitamin C, asam folat, serat, dan karoten sangat baik untuk ibu hamil. Adapun vitamin B dalam buah naga membantu mengatasi masalah mual muntah. 

Selain itu, kandungan protein, zat besi, dan potassium dalam buah naga juga membantu mencegah tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Buah naga juga membantu melancarkan pencernaan dan mencegah dari terkena sembelit. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kandungan kalori yang tinggi membantu memberikan energi pada ibu hamil, sebab biasanya selama kehamilan ibu jadi lebih mudah merasa lelah. Dengan konsumsi buah naga secara teratur, ibu menjadi lebih semangat karena memiliki energi yang cukup untuk dapat beraktivitas sehari-hari dengan baik.

Dibanding dengan mengkonsumsi obat-obatan medis, mengkonsumsi buah naga akan sangat baik dan juga aman. Karena tidak akan menimbulkan efek samping apapun yang membahayakan serta jauh lebih enak dibanding dengan mengkonsumsi obat kimia.

Itulah informasi yang bisa kami berikan mengenai manfaat buah naga dan penyakit asam lambung. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi anda.


Komentar