Inilah Gejala Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules

Buah dan Sayur Yang Baik Untuk Mengatasi Asam Lambung

Asam Lambung - Mengkonsumsi buah dan sayur memanglah sangat dianjurkan. Terlebih bagi anak yang sedang dalam masa perkembangan. Mengkonsumsi buah dan sayur mampu meningkatkan gizi serta mendukung prestasi anak di sekolah. Namun, percayakah anda jika mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayur yang baik untuk mengatasi asam lambung ? Gak percaya, simak ulasan berikut ini.


Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah salah satu penyakit pencernaan kronis yang sangat sering terjadi dimasyarakat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal usia maupun jenis kelamin. GERD disebabkan oleh naiknya kembali asam lambung menuju esofagus (kerongkongan) dan memicu timbulnya nyeri pada ulu hati (heartburn).

Buah dan Sayur Yang Baik Untuk Mengatasi Asam Lambung

Meski saat ini telah banyak obat-obatan di apotek yang menawarkan kesembuhan pada penyakit asam lambung, namun akan lebih baik lagi jika anda menggunakan cara alami untuk mengatasinya. Ya, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayur.

Berikut adalah beberapa buah dan sayur yang baik untuk mengatasi asam lambung. Di antaranya :

1. Pisang

Buah yang baik untuk mengatasi asam lambung yang pertama yaitu pisang. hampir semua kalangan masyarakat menyukai buah yang satu ini. Hal ini karena pisang memiliki kadar kalsium, kalium, dan fosfor yang baik bagi pertumbuhan tulang. Namun, tidak hanya itu, pisang juga memiliki berbagai macam vitamin  dan mineral yang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan pH atau kadar keasaman di dalam lambung. 

2. Semangka

Siapa sangka jika buah semangka bisa menjadi salah satu buah yang baik untuk mengatasi asam lambung. Ya, selain memiliki kadar air yang sangat banyak dengan rasa yang manis, semangka juga dapat membantu menciptakan amonia yang dapat mempertahankan tingkt keasam di dalam lambung.

3. Apel

Apel memiliki kadar nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, dengan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Salah satunya mampu mengurangi tingkat keasaman pada lambung. Dimana hal ini membuat apel menjadi salah satu buah yang baik untuk mengatasi asam lambung.

4. Kelapa

Rasanya hampir setiap orang menganal buah yang satu ini. Ya, selain mengandung air yang dapat menyegarkan dahaga, air kelapa juga akan mengemballikan elektrolit dalam tubuh yang hilang akibat beraktivitas. Nah, dengan elektrolit pada air kelapa ini mampu menjaga kadar keasaman pada lambung agar tetap seimbang dan tidak meningkat. Jadi, mengkonsumsi air kepala juga akan sangat membantu anda dalam mengatasi asam lambung.

5. Timun

Timun memiliki sifat mendinginkan, dimana ini sangat bermanfaat bagi penderita asam lambung karena dapat mengurangi nyeri perut yang diakibatkan oleh naiknya kadar asam lambung di dalam tubuh.

6. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Mengkonsumsi kentang setiap hari saat sarapan pagi akan membantu menetralisir asam di perut anda. Hal ini karena pada dasarnya, kentang bersifat basa.

7. Wortel

Tidak hanya menjadi sumber vitamin A yang baik untuk mata. Wortel juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik dan aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal ini karena wortel tidak akan menaikkan kadar asam lambung.

8. Brokoli

Meskipun tidak banyak orang yang menyukai sayuran yang satu ini, namun brokoli memiliki banyak kandungan kalium, kalsium dan serat yang sangat baik untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi berdasarkan AKG sehari-hari. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan sulfur yang berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung lapisan dalam dari kulit lambung.

9. Kunyit

Sudah menjadi rahasia umum jika kunyit adalah salah satu rempah yang kaya akan khasiat dan manfaat. Termasuk dalam menjaga kenaikan asam lambung. Kunyit juga terbukti ampuh sebagai obat maag, hal ini karena kandungan antioksidan dan anti-bakteri yang dimilikinya.

10. Kubis

Sayur yang baik untuk mengatasi asam lambung yang lainnya yaitu kubis. Kubis mengandung asam amino, gefarnate dan L-glutamin yang sangat tinggi. Dimana kandungan-kandungan tersebut sangat ampuh dalam mengatasi kenaikan asam lambung. Kubis dapat membantu menghancurkan ulkus dengan melindungi lapisan pencernaan dan juga memastikan tidak ada luka yang muncul. Hebatnya lagi, kubis juga mampu meningkatkan produksi lendir yang dapat melindungi dan melapisi luka agar tidak semakin parah.

Itulah beberapa buah dan sayur yang baik untuk mengatasi asam lambung. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi anda khususnya yang sedang mengalami kenaikan asam lambung.


Komentar