Inilah Gejala Kanker Otak yang Diderita Agung Hercules

Kenali Gejala-gejala Kanker Nasofaring yang Diderita Ustad Arifin Ilham


Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, ditengah persiapan menyambut datangnya hari raya idul fitri 1440 H, publik kembali diselimuti berita duka atas meninggalnya Ustad Arifin Ilham pada rabu malam, 22 Mei 2019 kemarin. Diketahui, Ustad Arifin Ilham tengah berjuang melawan penyakit yang ia derita dan melakukan pengobatan hingga ke Penang, Malaysia.

Kabarnya, tidak hanya satu jenis kanker yang di derita Ustad Arifin Ilham, melainkan ada 2 jenis kanker sekaligus yang harus ia lawan. Selain kanker kelenjar getah bening, Ustad Arifin Ilham juga harus berjuang untuk melawan kanker nasofaring.

Kanker nasofaring atau dikenal juga dengan kanker THT adalah salah satu jenis kanker ganas yang terbentuk dalam jaringan nasofaring, yaitu bagian atas faring atau tenggorokan. Tidak berbeda jauh dengan kanker lainnya, stadium keparahan kanker nasofaring juga ditentukan berdasarkan luas area sel kanker, kelenjar getah bening yang terkena dan sejauh mana penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Gejala Kanker Nasofaring

Tidak ada gejala yang signifikan dari kanker nasofaring. Namun beberapa gejala berikut patut anda waspadai sebagai gejala kanker nasofaring. Diantaranya :

1. Pembengkakan di leher

Ada begitu banyak penyebab pembengkakan di leher, namun salah satunya bisa disebabkan oleh kanker nasofaring. Menurut ahli onkologi kepada dan leher Prof Zhang Feng dari Modern Cancer Hospital Guangzhou mengungkapkan bahwa, dibagian nasofaring (tenggorokan) terdapat banyak kelenjar getah bening. Sehingga penyebaran ke kelenjar getah bening lebih cepat di bagian leher. Diperkirakan 60-80% pasien mengalami penyebaran di kelenjar getah bening di leher.

2. Adanya gangguan pada pendengaran

Seiring pertumbuhan kanker, hidung akan tersumbat. Tak hanya itu, pertumbuhan kanker di bagian nasofaring juga bisa menyebabkan pendengaran berkurang atau tinnitus. Hal ini mengingat rongga hidung dan daerah pendengaran berkaitan erat karena memiliki saluran yang menghubungkan.

3. Sakit kepala

Gejala lain yang sering muncul dari kanker nasofaring ialah sakit kepala hebat. Ketika kanker menekan area kepala, maka hal tersebut bisa menimbulkan sakit kepala yang begitu hebat.

4. Mimisan

Anda patut mewaspadai ketika mimisan terjadi dalam kurun waktu lebih dari satu bulan disertai gejala kanker nasofaring lainnya. Dikutip dari Mayo Clinic, tidak hanya mimisan, darah juga dapat ditemukan pada saliva atau air liur juga perlu dicurigai.

5. Kerusakan saraf kranial

gejala lain yang bisa patut anda waspadai dari kanker nasofaring ialaha kerusakan pada saraf kranial. Kerusakan saraf ini dikarenakan sekitaran rongga hidung ada saraf yang saat tertekan kanker, maka akan menimbulkan kerusakan pada saraf di sekitarnya. Kondisi ini juga berpengaruh pada penglihatan seperti penglihatan berbayang.

Selain beberapa penyebab diatas, beberapa gejala seperti nyeri wajah, telinga berdenging, penurunan berat badan dan wajah mati rasa juga patut anda waspadai sebagai gejala dari kanker nasofaring.


Komentar